Menimang momongan memang menjadi dambaan semua pasangan yang baru menikah. Segala ikhtiar diusahakan untuk bisa segera menatap dua garis di testpack, termasuk mengikuti saran orang tua, mertua, dan kerabat untuk mendapatkan tips cepat hamil. Sebelum menelan mentah-mentah semua masukan, intip dulu deretan tips yang sering “mampir" di telinga, yang katanya bisa bikin cepat hamil. 

“Biar pria jadi subur, banyak-banyak makan taoge deh!”

Pria membutuhkan antioksidan untuk meningkatkan kesuburan. Nah, taoge mengandung banyak sekali antioksidan dalam bentuk vitamin C, vitamin A, dan vitamin E. Dalam taoge terkandung vitamin K dan zat besi walau jumlahnya tak terlalu tinggi. Ditambah lagi, taoge juga mengandung asam folat yang bagus untuk kesuburan pria sekaligus kesehatan calon ibu pra kehamilan. Tapi, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa makan taoge banyak-banyak akan membuat seseorang lebih subur.

Baca: Berkenalan dengan Superfood Lokal

“Kemarin aku dibawain kurma muda. Pahit sih, tapi konon bisa bikin cepet hamil..”

Kurma muda atau biasa dikenal dengan kurma rutab dipercaya bisa meningkatkan kesuburan wanita. Tak heran, banyak orang tua yang menghadiahkan anaknya kurma muda yang memang kaya akan kandungan serat dan protein. Faktanya, kurma muda justru baik dikonsumsi oleh ibu hamil menjelang persalinan. Menurut penelitian oleh Jordan University of Science and Technology, konsumsi kurma muda menjelang kelahiran bisa mempercepat dan mempermudah persalinan. 

“Madu bagus loh, buat kesuburan. Banyakin deh tiap harinya!”

Oh no, ternyata ini hanya mitos. Madu memang baik untuk kesehatan, tapi kalau diminum terlalu banyak alih-alih membuat subur, menurut dr. Satrio Budhi Purnomo, BMedSc,Sp.OG gula yang terkandung di dalamnya jika dikonsumsi oleh mereka yang memiliki kondisi kesehatan reproduksi yang perlu diperbaiki justru bisa menghambat sel telur untuk matang.

“Coba buah zuriat deh, buah dari Mesir ini katanya canggih lho buat kesuburan!” 

Dalam penelitian Influences of Doum Fruit Extract on the Reproductive Parameters, belum ada efek signifikan pada kesuburan saat konsumsi buah zuriat walaupun buah ini mengandung antioksidan yang baik. Banyak yang menyangka buah zuriat bisa meningkatkan kesuburan karena memiliki kandungan zat flavonoidnya yang dipercaya bisa meningkatkan kualitas air mani pada pria. 

“Biar siap hamil, minum susu esensis aja.” 

Oke, susu memang memiliki banyak unsur zat gizi, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, vitamin D, vitamin B6, fosfor, dan folat. Susu promil sendiri dipersiapkan untuk menjaga tubuh calon ibu ketika ingin mempersiapkan kehamilan. Walau memiliki kadar asam folat yang baik, tapi susu hanya bertindak sebagai suplemen tambahan bukan untuk mempercepat pembuahan, ya. 

Jadi, gimana dong supaya bisa hamil cepat? 

Cepat atau lambatnya kehamilan tidak ditentukan oleh makanan tertentu, namun ditentukan kondisi kesehatan reproduksi masing-masing orang. Karena itu, dr. Satrio Budhi Purnomo, BMedSc,Sp.OG, menyarankan pasangan yang ingin segera memiliki anak adalah mengecek kondisi kesehatan reproduksi masing-masing. 

Jika belum tahu cek kesehatan macam apa yang harus dilakukan, baca di sini.

Tujuannya, agar bisa memastikan nutrisi apa yang harus dikonsumsi dan cara apa yang paling pas untuk dilakukan jika ternyata ditemukan masalah. Misalnya saja, mereka yang ternyata memiliki masalah Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) harus menghindari gula dan karbohidrat tinggi agar sel telur bisa bekerja maksimal. 

Meskipun demikian, terlepas dari ada atau tidak ada masalah, kita harus menjaga kesehatan organ reproduksi dengan melakukan gaya hidup sehat, yaitu makan makanan bernutrisi, menghindari lemak jenuh dan gula tinggi, istirahat 6-8 jam sehari, minum air putih minimal 8 gelas sehari, serta rajin berolahraga untuk menjaga kesehatan fisik dan mental secara menyeluruh. Olahraga juga bisa perlancar peredaran darah sehingga bisa menghasilkan sel reproduksi yang baik dan siap untuk membuahi dan dibuahi, lho. 

Baca: Survei: Olahraga Atasi Gangguan Kesuburan Karena Gaya Hidup 

Namun, jika kita tak kunjung hamil meski sudah hidup sehat dan rutin berhubungan seks selama setahun, periksakan pada dokter kandungan ya!

 

 

 

 

 

 



Tanya Skata