Memasuki trimester ketiga kehamilan, Anda perlu mempersiapkan fisik untuk persalinan, apapun pilihan cara persalinan Anda. Khususnya, jika Anda belum pernah mengalami proses persalinan sebelumnya. Barangkali, Anda sudah mengumpulkan informasi lewat dokter kandungan atau mencarinya lewat situs terpercaya. Tapi, tak ada salahnya untuk mendalami lebih lanjut tentang apa yang akan Anda hadapi, agar persalinan bisa berjalan aman dan nyaman. Bagaimana caranya? Mengikuti kelas prenatal adalah salah satu caranya. 

Apa itu kelas prenatal?

Kelas prenatal atau antenatal, adalah sebuah fasilitas yang disediakan oleh dokter, bidan, atau tenaga kesehatan untuk mempersiapkan kondisi ibu hamil dalam persalinan. Kelas ini bertujuan untuk menghindari risiko komplikasi persalinan, sekaligus mempersiapkan ibu untuk melakukan persalinan dengan prima. Selain itu, kelas prenatal juga memberikan informasi gaya hidup dan asupan sehat yang bisa dipraktikan ibu hamil menjelang hari besarnya. 

Kapan ibu hamil bisa mulai mengikuti kelas prenatal?

Begitu Anda mengetahui memiliki buah hati dalam kandungan, Anda sudah bisa mengikuti kelas prenatal. Tak hanya untuk Anda, kelas prenatal juga dipersiapkan untuk pasangan (calon Ayah) demi membantu kelancaran persalinan Anda dan buah hati. 

Ada apa saja yang diajarkan dalam kelas prenatal?

Sesuai dengan namanya, kelas prenatal akan memberikan informasi lengkap mulai dari persiapan hingga proses persalinan. 

1. Persiapan pra persalinan 

Dalam kelas prenatal, persiapan persalinan untuk ibu hamil tak hanya melakukan aktivitas, namun juga persiapan menjelang persalinan. Asupan makanan dan minuman yang tepat, vitamin tambahan yang dibutuhkan, dan pola hidup sehat yang harus diterapkan. Anda juga akan diberikan pelatihan relaksasi dan gerakan fisik yang akan membantu kelancaran persalinan. Namun, biasanya gerakan fisik (senam hamil) baru bisa dilakukan saat kehamilan berusia 28 minggu. Jika usia kehamilan belum mencapai usia tersebut, biasanya Anda akan diberikan pelatihan pernapasan atau gerakan dasar yang aman untuk relaksasi. Dalam persiapan ini, Anda pun akan diberikan informasi seputar kesehatan kehamilan dan bayi. Nutrisi yang tepat untuk Anda (juga bayi) serta pantangan yang sebaiknya dihindari dalam masa kehamilan. 

2. Membangun pola pikir positif 

Rasa was-was dan cemas, seringkali menghampiri ibu hamil. Berbagai kabar yang tidak menyenangkan seputar kehamilan dan kesehatan janin bisa mempengaruhi pola pikir serta kesehatan Anda dan janin. Belum lagi ketakutan akan melahirkan secara normal yang seringkali identik dengan rasa sakit berlebih. Inilah mengapa, di dalam kelas prenatal Anda akan diberikan penyuluhan, yang bisa mengubah persepsi negatif menjadi pola pikir yang positif untuk menunjang kelancaran kehamilan dan proses persalinan. 

3. Mempersiapkan pasangan siaga 

Tak hanya untuk Anda, kelas prenatal juga bisa diikuti oleh pasangan. Di kelas prenatal, ayah akan diajarkan comfort measure technique sebagai pendamping persalinan. Gunanya, agar ayah siap dan siaga terhadap kebutuhan ibu dan mendukung selama proses persalinan. Tak hanya itu, ayah pun diikutsertakan dalam mempersiapkan kehadiran sang buah hati dengan memberikan informasi seputar kebutuhan bayi.

4. Belajar komunikasi dengan janin 

Komunikasi dengan anak sejak dini sangat penting, dimulai dari dalam kandungan. Gunanya, untuk membangun ikatan antara orang tua dan anak serta bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Dalam kelas prenatal, Anda dan pasangan akan diajarkan cara berkomunikasi dengan janin lewat suara dan sentuhan. 

5. Memahami tanda-tanda persalinan 

Dalam kelas prenatal, Anda akan diberikan informasi lengkap seputar tanda persalinan seperti: 

  • Keluarnya air ketuban (mulai dari ketuban aman, hingga ketuban waspada dimana sudah berwarna hijau tanda bayi stres dan mengeluarkan kotoran) 
  • Keluarnya flek bercampur lendir (tanda mulai terbuka jalan lahir) 
  • Keluarnya lendir putih tanpa darah (tanda awal persalinan, sumbat jalan lahir sudah lepas) 
  • Kontraksi rahim (cara menghitung kontraksi, dan kapan Anda perlu segera ke rumah sakit) 

Perlunya mengikuti kelas prenatal adalah untuk mempersiapkan kelancaran kehamilan dan persalinan yang aman dan nyaman untuk Anda, janin, juga pasangan. Selain itu, mengikuti kelas prenatal juga bisa membentuk ikatan Anda, pasangan, juga calon bayi serta membantu relaksasi agar Anda senantiasa nyaman dalam segala prosesnya.

 

 

 

 

 

 

 

 



Tanya Skata