Pemahaman mengenai jenis kulit sangat penting dalam membantu pemilihan produk perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan. Secara umum, tipe kulit terbagi atas 5 jenis yakni kulit normal, berminyak, kering, kombinasi, dan sensitif. Nah, pembagian jenis kulit ini didasarkan atas kandungan sebum kulit (zat berminyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak di kulit) yang diukur pada 5 titik, yakni muka, dahi, hidung, kedua pipi, dan dagu. Biasanya, daerah yang paling banyak mengandung sebum disebut zona T (daerah dahi, hidung, dan dagu) sementara daerah yang kandungan sebumnya rendah disebut zona U. Daerah yang kadar sebumnya berada di antara zona T dan zona U disebut zona O, meliputi daerah perioral. 

Kulit normal

Memiliki kulit normal merupakan dambaan semua wanita karena kulit yang cerah merupakan jenis kulit ideal yang diinginkan. Tidak perlu perawatan ekstra bila Anda memiliki jenis kulit tipe ini. Namun, agar kulit senantiasa sehat, coba terapkan langkah berikut:

Batasi aktivitas di luar rumah di atas jam 10 pagi sampai jam 4 sore atau pakai pakaian dan aksesoris yang dapat menutupi bagian tubuh.

Memakai tabir surya dengan SPF di atas 30 secara berkala. Pastikan tabir surya diaplikasikan minimal 30 menit sebelum bepergian serta gunakan tabir surya yang anti air bila Anda beraktivitas di dalam air. 

Kulit berminyak

Kulit berminyak ditandai dengan pori-pori kulit besar dan kulit terlihat mengkilat. Permasalahan kulit yang sering mengganggu bagi pemilik jenis kulit ini adalah munculnya jerawat karena pada kulit berminyak terjadi peningkatan sebum. Untuk mengatasinya coba batasi karbohidrat, makanan berlemak, dan gorengan, kemudian lakukan olahraga teratur, serta rawat kulit dengan produk khusus anti jerawat atau non comedogenic.

Kulit kering

Kulit pucat, kasar, dan banyak muncul garis lipatan kulit menandakan kulit kering. Kulit dapat menjadi kering karena terlalu lama terpapar sinar matahari atau terlalu sering menggunakan produk pembersih wajah.

Tips untuk individu yang mengalami kulit kering, antara lain:

  1. Hindari menggunakan sabun berlebihan atau pilih sabun yang berbahan mild
  2. Hindari menyemprotkan parfum pada bagian tubuh yang terasa kering karena akan membuat kulit semakin kering
  3. Hindari berendam air panas 
  4. Gunakan pelembab setiap hari
  5. Perbanyak konsumsi cairan terutama air putih 
  6. Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang penting sebagai sumber nutrisi kulit
  7. Pasang humidifier untuk meningkatkan kelembapan ruangan

Kulit kombinasi 

Jenis kombinasi kulit meliputi:

  • Kulit normal di zona T dan kering di zona U
  • Kulit berminyak di zona T dan normal di zona U
  • Kulit berminyak di zona T dan kering di zona U

Kulit sensitif 

Kulit sensitif ditandai dengan kulit kemerahan, terasa panas, atau terbakar. Hati-hati menggunakan produk kulit yang mengandung parfum atau pengawet karena dapat memicu sensitivitas kulit.

Anda juga perlu tahu bahwa jenis kulit bisa berubah-ubah sepanjang hidup. Karenanya, kenali jenis kulit Anda dan lakukan perawatan kulit secara rutin, ya.