Ketika anak perempuan memasuki usia 8 tahun, sebagian orang tua mungkin sudah bisa melihat pertumbuhan cikal payudara (breast bud) di sekitar puting Ananda. Ini artinya, anak sudah memasuki usia pubertas. Pertumbuhan payudara ini bisa dimulai pada usia 8 hingga 13 tahun, diikuti dengan tanda pubertas lain seperti tumbuhnya rambut kemaluan dan puncaknya adalah menstruasi sekitar 2-3 tahun setelahnya. 

Pertumbuhan payudara terjadi dalam beberapa tahap. Mulai dari sebelum lahir, saat pubertas, selama proses kehamilan, melahirkan, dan menyusui. Payudara mulai terbentuk saat bayi masih tumbuh di dalam rahim ibu yang dimulai dari penebalan area dada (biasa disebut dengan mammary ridge atau milk line). Karenanya, ketika bayi perempuan lahir, ia pun telah dipersiapkan dengan puting dan saluran asi untuk menyusui kelak. 

Menjelang usia remaja, cikal bakal payudara saat bayi tadi mulai berkembang. Walau terkadang pertumbuhan keduanya tidak seiring, misal breast bud bagian kiri muncul lebih dahulu, hal ini masih normal. Perbedaan kecepatan tumbuh keduanya pun juga normal. Pertumbuhan awal payudara diawali dengan cuping atau bagian kecil dari jaringan payudara yang kemudian bertambah dan membesar seiring bertumbuhnya usia. Mammary glands (kelenjar susu) dalam payudara berkembang bersamaan dengan hormon saat pubertas dan mencapai puncaknya ketika payudara mulai memproduksi ASI. Payudara akan mengecil perlahan, biasanya sekitar usia 35 tahun. 

Baca: Makanan Ini Bisa Percepat Pubertas, Lho!

Apa yang terjadi pada payudara saat pubertas?

Ketika anak perempuan masuk ke dalam fase remaja, yang pertama kali terlihat adalah pertumbuhan pada payudara. Ketika ovarium mulai berproduksi dan mengeluarkan estrogen, lemak dalam jaringan mulai terbentuk yang membuat payudara menjadi membesar. Kelenjar susu juga mulai berkembang. Biasanya, hal ini terjadi bersamaan dengan tumbuhnya bulu halus pada kemaluan dan ketiak. Payudara akan tumbuh semakin matang dan menghasilkan banyak jaringan dan kelenjar susu. Namun, kapan dan bagaimana payudara berkembang di tiap remaja tentu akan berbeda. 

Ada lima tahapan perkembangan payudara di masa pertumbuhan:

Tahap pertama 

Tahap ini terjadi di masa pra remaja ketika hanya ujung puting yang membesar. 

Tahap kedua

Terlihat munculnya seperti gumpalan kecil di sekitar payudara, dengan ukuran puting yang semakin besar. Area hitam sekitar puting (bagian areola) pun membesar. 

Tahap ketiga 

Dada semakin terlihat membesar dengan munculnya jaringan dan kelenjar susu. 

Tahap keempat 

Areola dan puting membesar dan berbentuk seperti gundukan pada area payudara.

Tahap kelima 

Tahap terakhir adalah pembentukan payudara dewasa. Payudara membulat dan hanya bagian puting yang menonjol. 

Bagaimana perkembangan payudara saat menstruasi?

Saat remaja sudah mulai menstruasi, ia akan mengalami perubahan hormonal. Hormon estrogen akan diproduksi oleh indung telur di awal siklus menstruasi yang akan menstimulasi perkembangan kelenjar susu di dalam payudara. Meningkatnya level estrogen saat menstruasi akan memengaruhi siklus pertama menstruasi, diikuti dengan hormon progresteron pada pertengahan siklus. Hormon-hormon ini akan menstimulasi adanya perubahan rasa pada payudara, seperti terasa bengkak, nyeri, dan mengencang terutama pada saat PMS (Pre Menstrual Syndrome). Banyak juga yang mengalami payudara terasa lebih besar saat masa menstruasi. 

Baca: Yang Wajib Orang Tua Jelaskan Saat Anak Menstruasi Pertama

Apa yang harus dikatakan pada anak perempuan di masa ini?

Ada baiknya, Anda menjelaskan tentang perubahan fisik saat pubertas pada anak sebelum ia mengalaminya. Menggunakan gambar perkembangan tubuh anak perempuan hingga menjadi wanita dewasa akan sangat memudahkan, sehingga anak memahami bagian tubuh “baru” apa saja yang kelak akan ia miliki. Katakan padanya bahwa pertumbuhan payudara dan lainnya adalah hal yang wajar sehingga ia tak perlu malu. Jika perlu, ajak ia memilih miniset untuk menyamarkan cikal payudaranya di balik pakaian dan seragam. Yang terpenting, hindari menjadikan perubahan fisik tersebut sebagai lelucon atau bahan candaan untuk menggodanya. Ini akan membuatnya malu dan tertutup pada Anda mengenai pengalaman pubertasnya kemudian. 

 

 

 



Tanya Skata