Siapa sih yang tak tergiur minuman boba di siang hari yang panas setelah makan siang? Atau memesan segelas soda di sore hari saat afternoon break? Penyegar instan dengan kandungan gula yang cukup banyak ini memang tak pernah gagal menggugah selera. Hingga satu waktu mulai merasa tidak nyaman pada tenggorokan atau sadar akan pengaruh buruk dari asupan gula berlebih dalam tubuh, Anda kemudian melakukan perbaikan. Ketika kesadaran muncul, biasanya Anda lalu beralih pada minuman yang kandungan gulanya lebih rendah atau biasa dikenal dengan istilah less sugar. Namun, benarkah kadar gula dalam kemasan berlabel less sugar ini benar-benar rendah dan aman untuk dikonsumsi sehari-hari? 

Sebelumnya, Anda perlu tahu seberapa banyak asupan gula yang aman untuk dikonsumsi sehari-hari. Menurut Moch Aldis Ruslialdi, konsultan nutrisi Nutrifood dalam Health and Nutrition Webinar Series, dalam satu hari kebutuhan asupan gula tubuh maksimal hanya 50 gram atau setara dengan 5 sendok makan. Jatah ini harus berbagi dengan kadar gula dalam karbohidrat yang terkandung dalam makanan atau minuman lainnya. Jadi, saat Anda mengonsumsi minuman boba yang mengandung 3 sendok makan gula, maka jatah gula harian menjadi berkurang. Begitupun dengan minuman kemasan lainnya. Di sinilah Anda perlu menakar dengan baik asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Pilihannya dengan mengurangi kadar gula tentunya. Tapi hati-hati, saat Anda beralih pada label less sugar ternyata tak semuanya benar mengurangi kadar gula sesuai kebutuhan.

Baca: Hati-Hati, Ini 4 Tipe Makanan Pencetus Diabetes!

Ada dua macam gula yang biasa kita temukan sehari-hari, yaitu gula alami dan pemanis buatan. Untuk gula alami bisa Anda dapatkan dari makanan seperti buah-buahan (fruktosa) atau susu (laktosa). Nasi putih juga mengandung gula alami. Umumnya, minuman kemasan menggunakan pemanis buatan. Mereka yang mencantumkan label less sugar biasanya mengandung 25% gula lebih sedikit dibandingkan gula asli pada minuman tersebut. Ini pun berbeda-beda tergantung dari produsen. “Terkadang, less sugar pun hanya berarti kadar gula lebih rendah dari produk kompetitor,” menurut Moch Aldis Ruslialdi. Kesimpulannya, less sugar adalah pemberian gula yang lebih rendah dibandingkan gula standar yang digunakan oleh produk minuman dan bukan rendah gula berdasarkan kebutuhan harian. 

Jadi, jika Anda ingin mengurangi asupan gula berlebih hindari minuman kemasan dan tinggi gula lainnya, termasuk produk berlabel less sugar. Agar bisa tetap menikmati rasa manis, gunakan madu sebagai pengganti gula atau takar gula Anda sendiri dalam minuman yang Anda nikmati. 

 



Tanya Skata