Tak perlu disangkal lagi soal manfaat baik dari sayur. Sebuah penelitian yang di muat di sciencedaily.com menunjukkan bahwa sayuran hijau seperti pokcoy dan brokoli berfungsi layaknya sinyal kimia dalam tubuh yang bertugas memastikan sistem imun bekerja dengan baik. Dalam kondisi pandemi Covid-19, sistem imun dapat dikatakan sebagai ‘harta yang paling berharga’. Konsumsi sayur bisa menjadi solusi murah dan mudah untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Meskipun demikian, tidak semua orang bisa menikmati sayur apalagi jika Anda tumbuh sebagai anak “penolak” sayuran. Namun, jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk menghilangkan sayur dalam menu sehari-hari. Mengingat manfaatnya yang begitu besar (dan Anda membutuhkannya di masa seperti ini), hanya perlu sedikit kreativitas dan tekad kuat untuk membuat Anda menikmati sayur di tiap menu. Yuk, coba variasi menu dengan ‘selipan’ sayur yang bisa Anda nikmati bersama keluarga berikut ini.

1. Buat menjadi sup lezat 

Anda tak suka sensasi serat saat konsumsi sayur? Kenapa tak sematkan dalam sup? Anda bahkan bisa menyantap beberapa jenis sayur sekaligus dalam satu waktu. Masak protein, seperti ayam atau daging hingga keluar kaldu lalu tambahkan bayam dan brokoli. Sempurnakan dengan bumbu-bumbu kaya rasa. Tak suka mengunyah sayur dalam sup? Cacah kecil sayur sebelum dimasukan, atau sederhana memblendernya sebelum dicampurkan. Kini Anda bisa menyantap asupan serat, vitamin, dan mineral sekaligus! 

2. Olah dengan bumbu kacang

Gado-gado, karedok, pecel, dan olahan sayur berbumbu kacang khas Indonesia bisa menjadi cara lain dalam menyantap sayuran. Layaknya salad dalam menu makanan barat, sayuran bisa dicampur bumbu baik dalam keadaan mentah, dikukus, atau direbus terlebih dahulu baru kemudian dicampur bumbu kacang. Selain ramah di lidah dan lezat, jenis makanan ini biasanya memiliki porsi sayur yang banyak dibandingkan jika Anda memakan nasi disertai sayur dan lauk.

3. Cuci bersih untuk lalapan

Nutrisi sayuran akan utuh jika tidak diolah alias disantap mentah. Lalapan adalah wujud dari prinsip tersebut yang sudah menjadi menu nusantara. Bagi pecinta sambal, sayur lalap dengan sambal bisa menambah nikmat lauk pauk meskipun hanya tempe goreng. Jangan lupa cuci bersih sayur di bawah air mengalir sebelum dimakan ya!

4. Jadikan camilan mengenyangkan

Mungkin Anda sudah familiar dengan martabak, pastel, atau lumpia. Kesemuanya memiliki sayur di dalamnya, lho! Jika Anda benar-benar sulit menambah porsi sayur dalam makanan utama, pilih kudapan berisi sayur. Daripada mengudap roti atau keripik, camilan berisi sayur tadi lebih sehat bukan?

5. Selipkan sayur dalam omelet 

Oke, telur memang mudah dikreasikan dengan apa saja. Mungkin Anda biasa memasukkan keju, jamur, atau bawang. Kenapa tidak coba tambahkan sayur kali ini? Cincang bayam atau pokcoy, lalu campurkan dengan jamur, tomat, dan keju. Jangan lupa bumbui sesuai selera. Mudah, cepat, dan pasti nikmat. Anda tak akan sadar mengunyah sayur saat menyantapnya. Sajikan dengan nasi panas. 

6. Malas mengunyah sayur? Buat jus saja! 

Ini cara termudah mengonsumsi sayur dalam satu waktu. Sayur tidak memiliki rasa yang kuat, sehingga mudah dicampurkan dengan apa saja, bahkan dengan buah. Campurkan bayam saat Anda membuat smoothies di pagi hari dengan pisang, buah naga, atau pepaya. Campur potongan nanas dengan sawi untuk menambah citarasa segar. Ingin lebih nikmat? Campurkan segelas yogurt saat memblender. Lezat! 

7. Oatmeal renyah dan gurih

Kata siapa menyantap oatmeal harus padu padan dengan yang manis seperti buah atau yogurt? Campuran oatmeal dengan sayur tak kalah nikmat, lho. Campuran oatmeal hangat dengan jamur dan kale bisa memperkaya protein, vitamin D, dan vitamin B12. Paduan sehat nan sempurna, lezat pula!

8. Jadikan isian kebab 

Tak sulit membuat balutan kebab. Anda cukup membeli kulit kebab jadi lalu olesi mayones atau saus favorit Anda yang lain dan isi dengan daging, jamur, dan sayur seperti tomat, timun jepang, kubis, atau selada. Rasanya tak hanya renyah, namun segar. Tambahkan saus sambal jika selera.  Jika Anda tak sempat mengolahnya, kebab frozen pun kini banyak tersedia.

9. Buat saus peneman santapan

Cara lain menambah selera makan sayur adalah dengan menambah saus atau bumbu salad yang tersedia di pasaran dalam berbagai varian. Keju leleh buatan sendiri juga bisa menjadi saus untuk sayur. Pilih sayur yang bisa disajikah dalam bentuk potongan stik seperti wortel, buncis, kentang, atau ketimun. Tinggal celup dan santap. 

Sudah tidak sabar untuk mencoba? Segera buat jadwal menu harian untuk memastikan niat Anda tidak luntur di tengah jalan.

 

 



Tanya Skata