Pertama, perlu diketahui bahwa Covid-19 bukan Penyakit Menular Seksual atau biasa dikenal dengan istilah STD (Sexually Transmitted Disease). Tapi, bukan berarti Anda tidak bisa terinfeksi virus corona saat melakukan hubungan seksual dengan penderita positif Covid-19 . 

Bisakah saya terinfeksi virus corona saat berhubungan seksual? 

Anda bisa terinfeksi virus corona jika berada dekat dengan penderita yang bersin, batuk, atau membuang lendir depan Anda tanpa masker atau penutup. Virus corona juga bisa menular lewat cairan ludah. Jadi, kontak fisik yang dekat dengan seseorang - seperti berciuman - bisa dengan mudah menularkan virus corona. 

Virus corona juga bisa menular lewat feses. Jadi, jika ada aktivitas seksual yang melibatkan anal, Anda perlu waspada. Para peneliti juga sempat menemukan virus corona pada sperma, namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menyimpulkan hal tersebut. Begitu pun pada cairan vagina. Namun, jika Anda dan pasangan ragu, tak ada salahnya untuk melakukan proteksi (dengan alat pengaman kondom) untuk menjaga keamanan penularan infeksi. 

Bagaimana berhubungan seks yang aman saat pandemi? 

Jika Anda tinggal bersama suami, dan berada #dirumahaja selama masa pembatasan sosial maka tak ada halangan untuk berhubungan walau tidak menggunakan pengaman. Alat pengaman seperti kondom tetap dianjurkan jika ada ragu. 

Saya tinggal terpisah dengan pasangan karena ia bekerja di berbeda kota, apakah aman untuk berhubungan saat ia kembali? 

Menurut dr. Satrio Budhi Purnomo, B.Med.Sc, Sp.OG sebaiknya pastikan pasangan dalam keadaan sehat terlebih dahulu dengan melakukan rapid test sebelum kepulangan. Lanjutkan dengan RT-PCR (swab test) untuk memastikan hasil. Jika sudah dipastikan aman dan negatif, maka tak apa untuk berhubungan seks ketika ia kembali. 

Bagaimana jika suami saya sudah kembali beraktivitas luar rumah secara normal? Apakah kami tetap bisa melakukan hubungan seks yang aman terhindar dari Covid-19? 

Mereka yang sudah melakukan aktivitas luar ruang, harus selalu menjaga kebersihan saat kembali ke rumah. Jangan sentuh apapun, sebelum mandi bersih. Cuci pakaian dan masker habis pakai, jangan tunda atau gantung lama. Pastikan juga pasangan tidak melakukan kontak dan berjaga jarak dengan rekan kantor atau klien, semisal. Jika semua dalam keadaan aman dan sehat, maka Anda dan pasangan tetap bisa berhubungan seks secara normal. 

 

 

 



Tanya Skata