Tahun-tahun sebelumnya, Anda mungkin sudah menyiapkan pakaian yang akan digunakan untuk silahturahmi bersama keluarga besar, termasuk pakaian untuk ibadah shalat Id di pagi hari. Sudah ada dalam daftar, akan ke mana saja Anda pergi mengunjungi keluarga. Bayangan akan bercengkrama bersama, berbagi cerita, jelas di benak. Pilihan hantaran pun sudah terpikir jauh hari. Apa daya, tahun ini Anda harus bersabar untuk tidak bertemu sanak saudara secara langsung karena pandemi. Namun, tak perlu khawatir, Anda masih bisa berbagi rindu dengan orang terkasih dari rumah lewat bermacam aplikasi digital. Yuk, cari tahu mana yang pas Anda gunakan untuk bersilahturahmi di hari raya. 

Fitur FaceTime Group

Untuk pengguna iPhone dan Apple, FaceTime bisa digunakan untuk temu digital. Kini, FaceTime memiliki fitur FaceTime group yang bisa dilakukan oleh 32 orang. Caranya adalah dengan menambah kontak yang ingin Anda panggil di layar panggil FaceTime. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan filter kamera, jadi Anda bisa merubah tampilan background saat sedang melakukan panggilan. Jika Anda memiliki iPhone X atau versi terbaru, Anda dapat menggunakan Animoji dan Memoji di panggilan FaceTime group. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa digunakan sesama pengguna Iphone atau Apple, dan tidak bisa digunakan pada jenis ponsel android. 

WhatsApp Video Call 

Aplikasi WhatsApp tentu sudah tak asing lagi. Selain ruang untuk chat personal dan grup, WhatsApp juga memiliki fitur video call. Awalnya, kapasitas video call WhatsApp maksimal 4 orang saja. Namun, kini WhatsApp mulai menambah kapasitasnya menjadi 8 orang dengan catatan Anda sudah meng-update software versi 2.20.141 bagi pengguna ponsel Android dengan sistem operasi 4.0.3 ke atas. WhatsApp video call juga bisa digunakan untuk para pengguna ponsel iPhone. Jika Anda ingin melakukan panggilan tatap muka digital sambil tetap beraktivitas, ini bisa menjadi pilihan. 

Google Hangout 

Untuk mereka yang melakukan work from home (WFH) Google menyediakan solusi konferensi video di tingkat perusahaan untuk semua orang. Mereka yang memiliki akun Google, bisa menikmati layanan ini dan melakukan online meeting hingga 100 orang dengan durasi 60 menit per meeting (hingga 24 jam sampai dengan 30 September 2020). Walau lazimnya fitur ini digunakan untuk bekerja, namun Anda bisa tetap menggunakannya untuk bersilahturahmi di hari raya. Cukup login dengan akun Google Anda di komputer, lalu klik Google Hangout tanpa harus menginstall atau menambah software apapun. Jika Anda login menggunakan ponsel, unduh aplikasi seluler Google Meet di Apple Store atau Google Play. Dengan catatan, orang yang Anda undang untuk meeting, hanya mereka yang memiliki akun di Google, ya. 

Zoom Meeting

Kalau yang ini, Anda tentu sudah fasih menggunakannya. Sejak diberlakukan PSBB hampir dua bulan yang lalu, aplikasi Zoom Meeting adalah satu yang paling banyak digunakan. Dengan kapasitas temu hingga 1000 orang dan 49 video dalam satu layar, Zoom menjadi aplikasi yang paling populer digunakan, baik oleh sekolah maupun perusahaan. Aplikasi ini juga memudahkan kita untuk merekam hasil meeting sehingga Anda tak perlu repot membuat notulensi saat bekerja. Tidak hanya untuk meeting, Zoom juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk silahturahmi sehingga Anda bisa tetap merekam momen manis bersama keluarga saat melakukan tatap muka secara digital. Perlu diingat, untuk penggunaan Zoom yang tidak berbayar, waktu pertemuan hanya dibatasi selama 40 menit saja. Namun, Anda bisa kembali login setelahnya dengan ID yang sama. 

Apapun pilihan aplikasinya, semoga bisa menjadikan momen temu bersama keluarga di hari besar menjadi berharga dan berkesan walau masing-masing masih harus #dirumahaja.  

 

 



Tanya Skata