Tahun pertama untuk sang buah hati adalah masa masa yang paling menakjubkan. Pertumbuhan dan perkembangan bayi berjalan dengan sangat cepat, sampai tak terasa ternyata sang buah hati sudah tumbuh besar saja.

Tiap bayi memiliki cara yang berbeda dan bisa dibilang unik dalam proses tumbuh kembangnya, penting bagi orang tua untuk mengamati perkembangan sang buah hati. Nah, apa aja sih yang bayi alami dalam tumbuh kembangnya dari usia 0 bulan sampai 15 bulan?

Perkembangan Motorik

Perkembangan motorik merefleksikan kemampuan bayi untuk mengontrol pergerakan otot mereka. Dalam perkembangannya, bayi akan mampu mengontrol bahu dan lengan mereka sebelum mengontrol tangan mereka. Berikut daftar perkembangan kemampuan motorik anak sampai usia 15 bulan

0 bulan : Postur fetal

1 bulan : Bayi mampu menengadahkan dagu dalam posisi telungkup

2 bulan: Bayi mampu mengangkat dadanya dalam posisi telungkup

3 bulan: Bayi mulai menggapai benda

4 bulan: Bayi dapat duduk dengan bantuan

5 bulan: Bayi dapat duduk di pangkuan dan mampu menggenggam objek

6 bulan: Bayi sudah bisa duduk di kursi bayi dan bisa menggapai objek yang teruntai

7 bulan: Bayi sudah mampu duduk sendiri

8 bulan: Bayi mulai berdiri dengan bantuan

9 bulan: Bayi dapat berdiri sendiri dengan memegang perabotan

10 bulan: Bayi mulai merangkak

11 bulan: Bayi bisa berjalan dengan dituntun

12 bulan: Bayi bisa mengangkat badannya untuk berdiri dengan memegang furnitur

13 bulan: Bayi dapat merangkak menaiki tangga

14 bulan: Bayi dapat berdiri sendiri

15 bulan: Bayi dapat merangkak sendiri

 

Perkembangan kognitif

Perkembangan fisik seperti berat dan panjang bayi mungkin lebih mudah dilihat perubahannya, namun untuk mengukur perubahan kognitif tentu saja tidak semudah itu.

Otak bayi yang baru lahir belum bisa memahami persepsi, pemikiran, memori, bahasa, dan koordinasi fisik. Proses bertahap bayi dalam mempelajari kemampuan-kemampuan tersebut dinamakan perkembangan kognitif.

Pada umur 0 sampai 1 tahun, refleks bayi Anda mulai terkoordinasi. Pada periode ini bayi mampu menyusu dari ibu maupun dari botol susu.  Selanjutnya pada umur 1 sampai 4 bulan bayi mulai bisa merespon dunia, salah satunya dengan menghisap jempolnya. Pada umur 4 sampai 8 bulan, bayi mulai menjelajahi dunia objek seperti menggerakan mainan untuk mendengar suaranya dan pada umur 8-12 bulan bulan sudah mulai timbul perilaku disengaja seperti memindahkan penghalang untuk menggapai mainan lain.

Nah, itulah hal-hal yang bisa Anda perhatikan terkait perkembangan buah hati. Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi dari SKATA, pilih fitur Perkembangan Anak. Pastikan anak tumbuh sesuai usianya.




Konsultasi dengan dokter