Tingginya kebutuhan remaja akan layanan kesehatan yang mampu melayani mereka dengan terbuka dan tidak diskriminatif ternyata tidak serta merta membuat rumah sakit dan klinik menyediakan layanan tersebut. Padahal, remaja rentan melakukan tindakan berisiko seperti seks bebas dan  penggunaan narkoba, yang dapat menyebabkan masalah jangka panjang, seperti kehamilan tak diinginkan, kecanduan, serta infeksi menular seksual.

Melihat fenomena tersebut, sejumlah organisasi non pemerintah berinisiatif menyediakan layanan kesehatan ramah remaja. Tiga klinik di bawah ini adalah beberapa di antaranya. 

Klinik PKBI

PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) merupakan lembaga swadaya masyarakat yang mempelopori gerakan keluarga berencana di Indonesia. Berdiri pada tahun 1957, PKBI kini turut memperjuangkan hak-hak kesehatan seksual dan reproduksi di 26 provinsi di Indonesia dalam bentuk pelayanan KB, riset, sosialisasi, dan pelatihan. Klinik ramah remaja merupakan salah satu layanan yang tersedia di PKBI seperti ProCare di Jakarta, Klinik Adhiwarga di Yogyakarta, Klinik Warga Utama di Semarang, dan Kisara Youth Clinic di Denpasar.

Beberapa layanan yang disediakan oleh klinik remaja PKBI antara lain, pemeriksaan kesehatan umum oleh dokter umum, konseling oleh psikolog, pemeriksaan kesehatan seksual dan reproduksi oleh dokter spesialis kandungan, pemeriksaan IMS (Infeksi Menular Seksual), VCT (konseling dan tes HIV), serta konsultasi via telepon (hotline). Biaya konsultasinya sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp 30.000.

Jika ada remaja yang belum menikah berkonsultasi tentang kehamilan tak diinginkan, maka akan diarahkan untuk melakukan konseling terlebih dahulu.  

Karena tidak semua Klinik PKBI memiliki layanan di atas, kunjungi situs cabang terdekat untuk mengetahui jenis layanan, jam operasional, serta tarif layanan.

UNALA 

UNALA adalah klinik yang menawarkan layanan kesehatan seksual dan reproduksi bagi remaja usia 15-24 tahun dan didirikan oleh UNFPA (United Nations Population Fund), bekerja sama dengan Yayasan Siklus Sehat Indonesia. Berlokasi di Yogyakarta, UNALA tidak hanya membuka klinik namun juga melibatkan sejumlah dokter dan bidan untuk memberi layanan ramah remaja di tempat praktek masing-masing. Dengan ini, UNALA dapat menjangkau lebih banyak remaja di semua kabupaten/kota di DIY.

UNALA menawarkan keterbukaan dan kepedulian, pelayanan yang kompeten, menjamin kerahasiaan, ruang konsultasi dan konseling yang nyaman, biaya terjangkau, jam pelayanan fleksibel, dan janji temu melalui telepon maupun aplikasi. Selain itu, UNALA juga melayani konsultasi online untuk menjangkau remaja yang tidak memungkinkan datang ke klinik secara langsung. Untuk informasi lebih jelas, kunjungi website UNALA di sini.

Klinik Angsamerah

Klinik yang berlokasi di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan ini memberikan layanan kesehatan seksual yang modern, dengan sejumlah dokter umum, dokter spesialis, psikolog, psikiater, serta laboratorium yang melayani tes IMS dan HIV, berikut terapi antiretroviral untuk penderita HIV. Tersedia juga vaksin Hepatitis B dan vaksin HPV. Bagi pasangan yang berencana untuk menikah, Klinik Angsamerah juga menyediakan layanan pre-marital check up. Salah satu kelebihan Klinik Angsamerah adalah terjaganya privasi pasien secara maksimal dengan pengaturan waktu konsultasi sehingga tidak perlu mengantri.

Biaya konsultasi dokter berkisar antara dari Rp 250.000-Rp 750.000, serta biaya tindakan (termasuk cek laboratorium, vaksinasi, dan bedah) berkisar antara Rp 40.000 – Rp 3.000.000 tergantung dari tindakan yang diperlukan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal konsultasi, jenis layanan, dan biaya, klik di sini.

Selain tiga klinik di atas, cukup banyak klinik, rumah sakit, praktek dokter, dan bidan yang menerima pasien remaja. Info lengkap mengenai daerah layanan, jam operasional, dan nomor telepon bisa dilihat di sini



Tanya Skata