Kira-kira dua tahun setelah tumbuhnya payudara, anak perempuan mendapatkan menstruasi pertama (menarche). Saat momen ini datang, orang tua mungkin merasa campur aduk, antara senang anaknya sudah “bukan anak-anak” lagi sekaligus khawatir ia tidak mampu menjaga diri. Namun, anak juga tidak kalah bingung dengan perubahan beruntun yang terjadi pada dirinya. Jangankan masalah menstruasi dan kehamilan, mengenai pembalut saja ia masih bingung. Karenanya, wajib bagi orang tua –terutama ibu- untuk menjelaskan seluk beluk menstruasi, mulai dari yang paling sepele hingga yang paling ilmiah.  Berikut adalah sontekannya!

Bahwa tubuhnya sudah siap memiliki bayi

Secara sederhana, jelaskan pada anak bahwa pada tubuh setiap wanita terdapat organ bernama rahim, tempat dimana bayi tumbuh dan kemudian lahir. Menstruasi adalah salah satu tanda bahwa rahimnya telah siap. Rahim memiliki dinding yang siap menjadi “tempat tinggal” bayi selama seorang wanita hamil. Jika tidak ada bayi, maka dinding ini akan luruh dalam bentuk darah menstruasi yang keluar melalui vagina. Hal tersebut akan terjadi kurang lebih setiap bulan.

Ketika menstruasi pertama terjadi saat anak sudah mampu memahami proses biologis, jelaskan bahwa kesiapan rahim memiliki bayi disebabkan oleh mulai beroperasinya “pabrik sel telur” yang bernama ovarium. Ovarium memproduksi sel telur setiap bulan, yang jika bertemu dengan sel sperma maka akan berkembang menjadi janin di dalam rahim. Jika tidak, sel telur akan luruh menjadi darah menstruasi. Jika anak bertanya bagaimana sel sperma bisa membuahi sel telur, jelaskan bahwa hal tersebut terjadi melalui hubungan seks. Karenanya, ia harus mampu menjaga diri dari hubungan seks pranikah.

Bahwa menstruasi disertai rasa sakit

Rasa sakit pada perut bagian bawah, atau yang kerap disebut nyeri haid, adalah hal yang wajar. Nyeri haid bisa muncul sebelum menstruasi atau saat menstruasi berlangsung. Penyebabnya adalah kontraksi yang terjadi pada rahim saat meluruhkan lapisan dindingnya. Secara sederhana, kontraksi adalah keadaan saat otot menegang/bekerja. Mengompres perut dengan air hangat dapat dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri.

Bahwa ia harus berkenalan dengan pembalut

Saat menstruasi datang, anak pun berkenalan dengan yang namanya pembalut. Fungsinya adalah untuk menampung darah haid sehingga aktivitas tetap dapat berlangsung. Ibu perlu mengajari anak cara memakai pembalut dengan benar, memilih celana dalam yang nyaman, memilih jenis pembalut yang sesuai kebutuhan, mengganti pembalut setiap 4-6 jam sekali, termasuk menggunakan bicycle pants atau legging di bawah rok sekolah untuk menghindari darah menstruasi tembus. Tidak ada salahnya memperkenalkan pembalut kain yang ramah lingkungan, namun ajari anak untuk selalu mencuci bersih pembalutnya ya.

Bahwa PMS memiliki bermacam bentuk

Premenstrual syndrome atau serangkaian gejala yang muncul menjelang datangnya menstruasi tidak hanya berbentuk rasa nyeri perut atau pegal. Bentuk PMS yang umumnya muncul antara lain suasana hati yang berubah-ubah, nyeri pada payudara, munculnya jerawat, dan pusing. Hal tersebut adalah wajar karena disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon saat menstruasi. 

Bahwa ia harus menjaga kebersihan daerah kewanitaannya

Ketika menstruasi, kelembaban daerah vagina meningkat. Hal ini rentan menjadi tempat tumbuh bakteri. Rutin mengganti pembalut tanpa harus menunggu penuh mampu menjaga daerah kewanitaannya senantiasa kering dan mengurangi bau tak sedap. Ibu sudah bisa mulai mengajarkan hal ini saat anak mulai mengalami sejenis keputihan menjelang mens pertamanya. Jika hal tersebut meninggalkan noda di pakaian dalamnya, ajari ia untuk mencuci pakaian dalamnya sendiri.

Kapan waktu yang tepat?

Mengingat terlalu banyak hal yang dijelaskan dalam satu waktu, ada baiknya ibu menjelaskan seluk beluk menstruasi secara bertahap, sebelum anak mendapatkannya. Selain membuat ia lebih siap untuk menerima menstruasi pertamanya, penjelasan secara bertahap juga memudahkan ibu untuk menyesuaikan dengan pemahaman anak. Waktu yang tepat  untuk menjelaskannya adalah ketika anak mulai bertanya dari mana bayi berasal, ketika tanda pubertas mulai muncul, atau ketika anak bertanya tentang pembalut yang ibu beli.

 



Tanya Skata