Tak bisa dipungkiri, fitrah seorang ibu saat memiliki buah hati adalah menyusui. Betapa berharganya tetesan emas dari susu sang ibu. Tak hanya ASI ibu memberikan imunitas pada tubuh yang tak bisa digantikan dengan cairan apapun, proses pelekatan menyusui juga menjadikan bonding antara ibu dan anak yang tak lekang waktu. Karenanya, dunia kemudian memperingati setiap momen berharga menyusui dengan Pekan Menyusui Sedunia atau World Breastfeeding Week yang diselenggarakan setiap tanggal 1-7 Agustus. Pekan Menyusui Sedunia diselenggarakan untuk mendorong pemberian ASI dan meningkatkan kesehatan bayi di seluruh dunia. 

Tahun 2019, Pekan Menyusui Sedunia mengusung tema Empower Parents Enable Breastfeeding yang menekankan pemberdayaan orangtua untuk mampu menyusui. Kali ini, Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) ikut andil dalam mendukung Pekan Menyusui Sedunia dengan menyelenggarakan Event Menyusui Serentak. Ini kali ketiga AIMI mengadakan pelaksanaan menyusui serentak setelah menuai sukses di tahun 2008 dan 2016. Acara ini dilaksanakan guna mendukung para orangtua untuk memberikan ASI. Dukungan ini sangat penting demi mengoptimalkan pemberian ASI, serta merupakan salah satu kunci sukses menyusui.  Harapannya, saat orangtua diberikan dukungan yang tepat, maka mereka akan berdaya. Sebuah proses yang membutuhkan informasi berdasar dan menciptakan lingkungan yang memungkinkan ibu menyusui secara optimal. Lingkungan menyusui yang tepat adalah ketika ayah, keluarga, pemerintah, tenaga kesehatan, tempat bekerja, dan seluruh elemen masyarakat memberikan dukungan dan membuat proses menyusui menjadi meningkat dan berhasil.

"Kita semua diharapkan memberikan dukungan karena menyusui merupakan team effort,” ujar Nia Umar Ketua Umum AIMI. 

Bekerja sama dengan TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Komunitas Ayah Asi, dan Nusantara Menggendong, Menyusui Serentak diadakan di hari Minggu, 4 Agustus 2019 silam. Bertempat di Gedung Pertunjukan Gelanggang Remaja Jakarta Selatan, AIMI berhasil mengajak para ibu beserta keluarga untuk ikut serta menyusui serentak serta menggandeng komunitas menggendong yang juga ikut serta meramaikan pelaksanaan menggendong serempak di hari yang sama. 

 



Tanya Skata