Masa remaja merupakan masa transisi yang unik, ditandai dengan perubahan emosi dan psikis yang terjadi. Berawal di usia 12 tahun, remaja mulai merasakan adanya perubahan dalam diri, terutama fisiknya. Rambut halus mulai muncul di beberapa tempat di tubuhnya, juga hormon yang bermain terutama pada remaja perempuan. Remaja mulai juga merasakan ketertarikan pada lawan jenis, mulai merasakan perbedaan rasa di emosinya. Untuk remaja lelaki yang sudah baligh dan merasakan mimpi basah, juga perempuan yang telah mengalami haid, akan lazim merasa ingin tau lebih lanjut tentang hubungan seksual dan masalah reproduksi. Lalu bagaimana seharusnya orangtua bersikap saat remaja bertanya masalah kontrasepsi? 

Pertama, jangan panik dan bersikap bijak 

Saat remaja bertanya tentang kontrasepsi, orangtua mungkin akan kaget dan bereaksi. Namun, baiknya secara bijak tanyakan pada mereka kenapa mereka bertanya. Beri waktu mereka untuk menjawab dan jadilah sumber informasi akurat yang memberikan edukasi sehingga mereka percaya orangtuanya adalah sumber yang terpercaya, bukan orangtua yang menghakimi. Jadikan momen ini sebagai sarana satu informasi berjuta kedekatan, sebuah kesempatan Anda untuk berbagi bersama anak, bertukar pikiran dan membangun kepercayaan antara Anda dan mereka. 

Lalu, berikan penjelasan hubungan seksual dan akibatnya 

Saat anak beranjak remaja, organ reproduksi mereka mulai berkembang secara matang dan wajar adanya jika mereka merasakan keinginan atau hasrat yang berbeda. Ketika ini terjadi, berikan edukasi yang tepat mengenai seks dan akibat yang akan ditimbulkan jika mereka melakukannya secara tidak aman dan tidak bertanggung jawab. 

Selanjutnya, edukasi pilihan alat kontrasepsi 

Sebagai pencegahan, ada baiknya orangtua juga menjelaskan secara bijak apa itu alat kontrasepsi dan dampak yang ditimbulkan. Kontrasepsi merupakan metode untuk menghindari atau mencegah terjadinya kehamilan sebagai akibat pertemuan sel telur dan sel sperma, juga mengurangi kemungkinan penyakit menular seksual. Penting bagi remaja untuk mengerti akan pilihan kontrasepsi, terutama mereka yang telah melakukan hubungan seksual secara aktif. Orangtua perlu memberikan informasi tentang pilihan kontrasepsi, kegunaan juga keterbatasannya. Anda bisa mengunduh informasi lengkap tentang alat kontrasepsi di sini

Informasi yang tepat dan lengkap sangat dibutuhkan oleh remaja untuk pegangan mereka dan menjauhkan dari hal yang tidak diinginkan. Ingat, kontrasepsi hanya untuk mengurangi kemungkinan bukan untuk mencegah. Cari tau juga pandangan remaja akan hal ini dan hal sosial lainnya, di sini

 



Konsultasi dengan dokter