Tak bisa dipungkiri, teknologi menjadi satu hal yang sangat erat dengan manusia sekarang ini. Melalui teknologi, jendela informasi terbuka lebar hingga manusia bisa berkembang dalam hal pendidikan, perekonomian, kreativitas, maupun bidang lain. Tak hanya dewasa, teknologi juga merambah ke ranah pendidikan anak. Edukasi, hiburan, dan komunikasi dengan anak tak luput dari penggunaan teknologi. Lalu, adakah dampak kesehatan jika anak sudah dengan sangat intens bersinggungan dengan teknologi, gadget khususnya?

Memang, gadget dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berbahasa, juga meningkatkan kreativitas lewat permainan. Tapi kemudian, anak dan orangtua suak lupa akan adanya screentime atau penggunaan gadget tanpa henti yang bisa membahayakan. Menurut American Optometric Association, definisi penggunaan berlebihan adalah saat anak berusia diatas dua tahun yang menggunakan gadget lebih dari dua jam sehari. Layar gadget mengeluarkan cahaya yang disebut high energy visible atau biasa dikenal sebagai blue light yang berbahaya bagi mata. Resiko terjadi suatu masalah seperti computer vision syndrome, sebuah gejala yang timbul karena mata terlalu fokus pada layar sehingga menimbulkan perasaan tidak nyaman jika dilakukan dalam periode yang terlalu lama. Selain itu, penggunaan gadget yang berkepanjangan juga bisa menyebabkan rabuh jauh (myopia). 

Waspada akan hal berikut sebagai gejala awal penggunaan gadget yang berkepanjangan  

  • Penglihatan seperti mata lelah 
  • Penglihatan buram 
  • Penglihatan ganda 
  • Pusing 
  • Mata kering
  • Rasa tidak nyaman pada mata saat melihat 

Jika sudah merasakan beberapa hal diatas, baiknya lakukan hal berikut untuk menjaga kesehatan mata:

Mengatur pengaturan pada gadget yang digunakan

Perbesar font agar tidak memaksa cara kerja mata, juga batasi pandangan sekitar 30-40 cm antara mata dengan gadget.

Beri batasan waktu 

Dua jam sehari dirasa cukup untuk screen time per hari. Pasang alarm untuk mengingatkan anak jika waktunya sudah habis. 

Cari aktifitas luar ruang 

Interaksi sosial dengan keluarga atau teman bisa membuat anak lupa akan mainannya. Ajak ia untuk melakukan aktifitas luar ruang yang lebih bermanfaat. 

Tidur cukup 

Ya, sinar yang terpancar dari gadget bisa menyebabkan mata kering sehingga membuat mata cepat lelah. Istirahatkan mata dengan tidur untuk mengembalikan kinerja mata seperti semula. 

 



Konsultasi dengan dokter