Flek implantasi atau perdarahan implantasi merupakan salah satu jenis perdarahan ringan yang mungkin terjadi pada awal kehamilan, yang terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi sel sperma menempel pada lapisan rahim. Ciri-cirinya adalah munculnya bercak darah sekitar 10 sampai 14 minggu setelah pembuahan. Flek implantasi ini adalah hal yang normal meski tak semua wanita menyadari kemunculannya. Namun, ada juga yang merasa khawatir hamil saat mendapati bercak darah di celana dalamnya. Pertanyaannya, seberapa banyak bercak darah tanda kehamilan ini?

Flek implantasi biasanya terjadi di sekitar siklus menstruasi. Namun, bercak darahnya lebih sedikit dibandingkan menstruasi. Perdarahan implantasi umumnya sangat singkat, hanya beberapa hari saja. Meskipun demikian, banyak yang menyalahartikan ini dengan siklus menstruasi biasa. Lalu, bagaimana membedakannya?

Baca: Kenali Pendarahan Implantasi Awal Kehamilan

Cara membedakan flek implantasi dengan menstruasi

1. Perdarahan implantasi lebih cenderung berwarna merah muda kecokelatan. Menstruasi, di sisi lain, mungkin mulai berwarna merah muda atau coklat muda, tetapi segera berubah menjadi merah tua.

2. Perdarahan implantasi biasanya hanya bercak, sedangkan menstruasi biasanya semakin lama akan semakin banyak.

3. Kram pada perut bawah bisa menandakan adanya implantasi, namun kram yang dirasakan biasnya hanya kram ringan dan hanya sesaat. Sementara itu, kram pada menstruasi biasanya berlangsung lebih lama dan lebih intens. 

4. Tidak akan ada gumpalan darah pada flek implantasi. Jika ada gumpalan darah, sangat mungkin itu adalah siklus mentruasi

5. Flek implantasi berlangsung 1 hingga 3 hari sementara menstruasi  berlangsung 4 hingga 7 hari.

Pastikan untuk mencatat warna, kekentalan, tanggal, serta frekuensi flek atau perdarahan yang kita alami. Ini merupakan hal penting yang perlu diketahui oleh bidan atau dokter untuk mendiagnosa. Hal ini pun juga penting untuk mengetahui pasti hari pertama haid terakhir. Selain itu, kita juga bisa melakukan test pack sendiri bila memang ciri-ciri perdarahan yang kita alami adalah flek implantasi. Kenali juga tanda-tanda awal kehamilan, ya.

Baca: 9 Penyebab Flek yang Tak Perlu Dirisaukan

Bila test pack positif, namun keluar flek setelah berhubungan?

Nah, ini salah satu tanda bahaya pada kehamilan di trimester pertama. Berhubungan seksual memang tak disarankan saat kehamilan di trimester pertama atau usia hamil hingga 12 minggu. Hal ini disebabkan karena sperma dapat membuat kontraksi pada rahim yang bisa menyebabkan terjadinya perdarahan dan keguguran. Jika terjadi, segera periksakan ke dokter.

 

Referensi: Healthline, Mayo Clinic

Image by Freepik