Facial merupakan salah satu perawatan kecantikan yang cukup populer, baik di kalangan wanita maupun pria. Tak hanya terjangkau, perawatan kecantikan wajah ini pun dapat membuat kulit wajah menjadi bersih dan tampak berseri karena bisa membersihkan wajah dari komedo, kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati. Tak heran, banyak wanita tergoda untuk facial di salon, termasuk remaja. Pertanyaannya, umur berapa sih kita perlu facial?

Sebaiknya kita melakukan facial bila sudah berumur 18 tahun karena tindakan facial melibatkan pengelupasan kulit. Padahal, kulit remaja masih cukup sehat dan seharusnya tak ada sel-sel kulit yang mati. 

Namun, remaja berumur di bawah 18 tahun pun bisa melakukan facial jika memang ada masalah kulit yang membutuhkan perawatan oleh profesional, seperti berjerawat, berminyak, dan berkomedo. Tentu saja, dokter akan mengevaluasi kulit remaja terlebih dahulu untuk melihat kebutuhannya.

Memangnya, wajah kita diapain sih waktu facial?

Berikut ini adalah tahapan melakukan facial : 

1. Pembersihan wajah atau cleansing 

Pembersihan wajah dilakukan untuk menghilangkan kotoran, debu, minyak, atau riasan yang ada pada kulit wajah. Biasanya pembersihan wajah menggunakan cairan khusus pembersih wajah, dan lagi-lagi disesuaikan dengan jenis kulit wajahmu ya. 

2. Eksfoliasi kulit wajah 

Eksfoliasi adalah proses pengelupasan kulit wajah untuk mengangkat dan menghilangkan sel-sel kulit wajah yang sudah mati. Nah, ada beberapa jenis eksfoliator kulit wajah yaitu eksfoliasi fisik seperti scrub wajah dan mikrodermabrasi. Ada juga eksfoliator kimia yang menggunakan bahan kimia agar kulit mengelupas. 

3. Penguapan atau steam 

Setelah dilakukan eksfoliasi dan kulit wajah sudah bersih dan mengelupas atau terangkat sel-sel kulit matinya, selanjutnya adalah dilakukan penguapan pada kulit wajah. Hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori kulit wajah agar lebih mudah saat dilakukan ekstraksi. 

Selain itu, kotoran dan lemak yang ada di pori-pori juga lebih mudah dibersihkan setelah di lakukan penguapan. Biasanya, penguapan berlangsung cukup 5 sampai 10 menit saja. 

4. Ekstraksi

Ekstraksi merupakan metode pengambilan komedo atau kotoran, bahkan jerawat yang ada di kulit wajah. Jerawat yang dimaksud disini adalah jerawat yang tidak sedang meradang atau infeksi, ya. Ekstraksi ini menggunakan alat aplikator untuk membantu mengambil kotoran. Biasanya, bagian ini adalah bagian yang paling terasa kurang nyaman pada keseluruhan proses facial. 

5. Masker 

Setelah kulit wajah dilakukan ekstraksi yang cukup menyaktikan, sekarang kulit wajah akan diberikan masker wajah yang mengandung vitamin untuk wajah. Masker wajah ini akan disesuaikan juga dengan jenis kulit wajah kita.

6. Serum

Setelah penggunaan masker wajah, selanjutnya adalah pemberian serum wajah. Serum mengandung bahan aktif, seperti niacinamide, antioksidan, peptida, vitamin A, C, dan E, dan bahkan retinol topikal yang dapat membuat kulit wajah bersih dan berseri. 

7. Pelembab 

Pelembab juga bisa diberikan setelah penggunaan serum, ini agar kulit tetap lembab. 

8. Pijat wajah 

Setelah itu biasanya akan dilakukan pijatan wajah untuk meningkatkan sirkulasi dan drainase pembuluh darah. Selain itu, dapat mengurangi kulit kusam dan iritasi kulit. 

Baca: Facial Yoga, Benarkah Cegah Kerutan?

Banyak juga ya tahapnya. Ada risikonya kah?

Walaupun bisa membuat wajah bersih berseri, facial wajah juga punya sejumlah risiko, yaitu:

  • Ruam kemerahan 
  • Iritasi 
  • Kulit kering 
  • Reaksi alergi
  • Bengkak 
  • Luka lecet 
  • Infeksi 

Untuk menghindari terjadinya risiko, pastikan kita melakukan facial dengan orang yang profesional, ya.

Seberapa sering kita bisa melakukan facial?

Jawabannya tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis kulit, serta kebutuhan dan tujuan perawatan kulit yang kita terima. Tapi, biasanya facial dapat dilakukan tiap 4 minggu sekali atau 1 bulan sekali, karena proses regenerasi kulit wajah berkisar 28 hari. Karena terdapat proses pengelupasan kulit pada prosedur facial, maka dibutuhkan regenerasi atau pertumbuhan kembali kulit.

Baca: Mengapa Jerawat Tak Hilang meski Rajin Cuci Muka?

Jadi, usia remaja sebenarnya belum perlu facial?

Jika tak ada masalah kulit, sebaiknya lakukan perawatan secara mandiri di rumah dengan cara mencuci muka 2 kali sehari dengan pembersih wajah sesuai jenis kulit serta hindari memencet komedo atau jerawat.

Namun, yang lebih penting lagi, untuk usia berapapun, jaga kesehatan kulit dengan makan banyak buah dan sayuran, minum air minimal 2 liter sehari, tidur cukup, dan hindari stres.

 

Photo created by rawpixel.com - www.freepik.com