Terkadang saat-saat quality time bareng suami itu tidak terduga. Ada kalanya di mana suami pulang kerja cepat dan terlihat happy, pekerjaan rumah sudah selesai semua, anak tidur lebih cepat. Nah, saat-saat seperti ini yang suami istri tunggu-tunggu untuk sekedar ngobrol, bercanda, atau malah ehm.. pleasure time alias berhubungan seks. Duh, tapi stok kondom lagi enggak ada. Kalau minum pil KB sebelum berhubungan bisa nggak ya? Kebetulan sempet nyoba tapi sering lupa sampai akhirnya berhenti pakai, jadi ada sisa pil yang belum diminum. Kan sama-sama alat kontrasepsi, harusnya bisa ya cegah kehamilan..

Eits, tunggu dulu. Memang benar pil KB dapat mencegah kehamilan, tapi ada syaratnya.

Apa syaratnya?

Pil KB harus diminum secara rutin dan tepat waktu. Rutin di sini artinya setiap hari, sementara tepat waktu adalah di waktu yang sama setiap harinya. 

Baca: Terlewat Minum Pil KB Apa Risikonya Ya? 

Setelah penggunaan seperti syarat di atas selama 1 bulan, barulah pil KB akan efektif mencegah kehamilan. Karena itu, untuk lebih amannya, penggunaan kontrasepsi jenis lain seperti kondom sangat disarankan pada satu bulan pertama penggunaan pil KB. 

Jadi kalau minum sebelum berhubungan, tidak bisa mencegah kehamilan ya..

Jelas tidak bisa, karena pil KB belum bekerja secara efektif saat penggunaan pertama kali. Hormon yang ada di dalam pil KB belum bisa mencegah terjadinya ovulasi, yaitu keluarnya sel telur dari tuba falopi (indung telur). Apalagi, bila kita berhubungan di masa subur, wah risiko hamil sangat besar. 

Jadi, bagi yang tidak ber-KB karena satu dan lain hal, sediakan stok kondom yang cukup, ya. Agendakan dalam belanja kebutuhan bulanan jika perlu. 

Tapi, suami sebenernya enggak suka pakai kondom..

Kalau begitu, saatnya menggunakan metode kontrasepsi jangka panjang seperti IUD (KB spiral) atau implan. Tak perlu takut, simak video penjelasan dokter tentang cara kerja IUD dan implan berikut ini.

Atau, jika masalahnya adalah sering lupa minum pil KB atau tidak tepat waktu, beralih ke KB suntik juga bisa lho! Ada suntik satu bulanan maupun 3 bulanan, sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. Untuk tahu beda pil KB 1 bulanan dan 3 bulanan, baca di sini

 

Photo created by jcomp - www.freepik.com

 

 



Tanya Skata