Penggunaan tembakau merupakan penyebab penyakit yang umum dan dapat dicegah. Sekitar setengah dari seluruh orang yang tidak berhenti merokok akan meninggal akibat penyakit yang berhubungan dengan rokok. Tidak hanya membahayakan diri sendiri, rokok juga membahayakan orang-prang disekitarnya yang terkena asap rokok termasuk keluarga dan kerabat. Isu kenaikan harga rokok yang baru-baru ini muncul dapat menjadi momentum perokok, tidak hanya untuk mengurangi, namun juga berhenti merokok. Berikut adalah beberapa tips untuk berhenti merokok.

 

Niatkan untuk berhenti merokok

Mungkin kamu telah mencoba untuk berhenti merokok dan tidak berhasil. Namun jangan khawatir, kunci utama dari berhenti merokok adalah niat, berusaha, dan selalu berfikir positif. Niatkan kepada diri sendiri, buatlah daftar alasan kenapa harus berhenti merokok untuk menjadi pengingat dan penyemangat, dan ingat tanggal terakhir kamu merokok dan konsisten dengan keputusan berhenti merokok tersebut.

 

Cari dukungan

Berhenti merokok akan lebih mudah apabila dilakukan secara bersama-sama, sehingga ajak juga teman, atau kerabat yang masih merokok untuk berhenti. Ceritakan pula kepada keluarga niat untuk berhenti merokok tersebut, sehingga mereka akan terus memberikan semangat, terutama ketika muncul godaan untuk merokok lagi. Mereka dapat menjadi motivasi terbesar untuk berhenti merokok, kesehatan keluarga dapat dijaga dengan pilihan berhenti merokok tersebut.

 

Bergeraklah

Studi menunjukkan bahwa olah raga, walaupun hanya berjalan atau pemanasan selama lima menit, dapat mengurangi hasrat ingin merokok. Selain itu, berolah raga juga membuat badan kita sehat dan lebih fit, sehingga olah raga dapat menjadi aktivitas pengganti merokok yang mendukung gaya hidup yang sehat. Agar menjadi lebih menyenangkan, carilah jenis olah raga yang bisa dilakukan bersama keluarga, seperti jogging, bersepeda, berenang, ataupun bermain bola.

 

Merokok merupakan salah satu penyebab utama kematian dan penyakit tidak menular yang bisa dicegah. Ayo lindungi keluarga dan kerabat dari paparan asap rokok dengan berhenti merokok sekarang juga!

 

 

 



Konsultasi dengan dokter