Menjadi seorang ibu merupakan pengalaman yang sangat mengesankan dan membahagiakan. Namun jangan salah, dibalik itu semua, ibu memiliki beberapa kecemasan. Inilah beberapa kondisi yang perlu suami ketahui mengenai kondisi istri yang baru saja menjadi seorang ibu

 

Merasa takut menjadi ibu

Bagi seseorang yang belum pernah membesarkan seorang anak, merawat bayi baru yang lahir bisa menjadi sebuah tantangan. Biasanya teman dan keluarga akan banyak memberikan masukan mengenai pengasuhan anak yang mereka anggap baik. Buku mengenai pengasuhan juga akan memberikan saran-saran yang dapat membantu. Namun, sering kali saran yang berbeda akan membuat ibu bingung dan menjadi takut untuk bertindak. Untuk itu, berikanlah dukungan kepadanya dan yakinkan bahwa kalian bisa menghadapi tantangan tersebut bersama.

 

Butuh istirahat

Merawat bayi yang baru lahir dapat menjadi pengalaman yang melelahkan. Ibu baru akan mengadapi bayi yang terus menangis, tidak tidur semalaman, dan 24 jam mengurus bayi, apalagi ketika bayi sedang sakit. Kebanyakan ibu yakin bahwa mereka bisa mengurus anak dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga, walau tanpa bantuan asisten rumah tangga. Sebagai seorang suami, berikanlah kesempatan kepada mereka untuk beristirahat dan melakukan ‘me time’.

 

Merasa defensif

Banyak sekali tantangan ibu baru untuk melanjutkan masa kegiatan mereka setelah masa cuti melahirkan berakhir, seperti mencari pengasuh anak, manajemen ASI, hingga hal lainnya diluar pengasuhan bayi. Biasanya hal ini akan membuat ibu menjadi lebih sensitif dan emosional. Sebaiknya, maklumi kondisi mereka sekarang dan berikan dukungan terhadap mereka, yakinkan bahwa ia mampu mengambil keputusan yang terbaik dirinya dan keluarga.

 

Merasa tidak menarik

Setelah kehamilan hingga melahirkan, tubuh wanita akan berubah dengan drastis. Mulai dari perut yang masih membuncit, berat badan belum kembali normal, dan bekas stretch marks saat hamil. Hal tersebut dapat menjadi kecemasan bagi ibu dan berdampak pada rasa percaya diri mereka. Sebagai seorang suami, berikanlah semangat dan dukungan pada mereka, dan yakinkan bahwa perubahan tersebut tidak mengurangi rasa cinta kepada mereka.

 

Menjadi ibu baru bukanlah pekerjaan yang mudah. Berikanlah bantuan dalam mengasuh dan merawat bayi untuk membentuk ikatan emosional di keluarga. Tanyakanlah kebutuhan mereka dan berusahalah untuk memenuhi kebutuhan tersebut, agar mereka bisa bersemangat kembali dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari.