Memilih metode kontrasepsi bisa menyusahkan. Jika kamu ingin menggunakan kontrasepsi, terdapat beberapa metode yang dapat kamu pilih. Untuk membantu kamu memilih metode yang terbaik untuk kamu, kamu bisa mempertimbangkan beberapa pertanyaan ini.

Apa saja sih metode yang tersedia?

Terdapat beberapa metode kontrasepsi yang tersedia, seperti:

• Kontrasepsi penghalang, yang bertujuan untuk menghalangi sprema membuahi indung telur. Contohnya adalah kondom, diafragma, penutup serviks, dan spons.

• Kontrasepsi hormonal, yang mengeluarkan hormon tertentu untuk mencegah terjadinya kehamilan. Contohnya adalah implan dan suntik KB

• Intrauterine devices (IUDs), yaitu alat kontrasepsi berbentuk T yang dimasukkan ke dalam rahim

• Sterilisasi, terdiri dari vasektomi untuk pria dan tubektomi untuk wanita

• Kontrasepsi alami, termasuk metode kalender dan temperature tubuh basal

Bagaimana cara kerja metode kontrasepsi?

 Tiap metode kontrasepsi bekerja dengan cara yang berbeda, kontrasepsi dapat mencegah sperma mencapai telur, menginaktifkan atau merusak sperma, mencegah telur dikeluarkan setiap bulannya, mengubah lapisan rahim agar telur yang fertil tidak dapat menempel, atau menebalkan lapisan mukus sehingga sperma tidak mudah melewatinya

Apakah kontrasepsi bersifat reversibel?

Metode kontrasepsi yang kamu pilih tergantung pada tujuan kontrasepsinya. Apabila kamu merencanakan kehamilan di waktu yang dekat, pilihlah kontrasepsi yang dapat dengan mudah dihentikan atau bersifat reversibel dengan cepat, seperti kontrasepsi oral atau kontrasepsi penghalang. Namun, apabila kamu ingin hamil, namun tidak di waktu yang dekat, kamu bisa memilih IUD. Apabila kamu yakin tidak ingin hamil lagi, kamu bisa melakukan metode yang permanen seperti sterilisasi.

Bagaimana efek sampingnya?

Kamu juga harus memperhatikan toleransimu untuk efek samping yang mungkin terjadi pada suatu metode kontrasepsi. Beberapa metode seperti metode yang mengandung estrogen atau progesterone memiliki efek samping yang lebih dibanding metode yang lain seperti kontrasepsi penghalang atau kontrasepsi alami.

Apakah dapat juga melindungi dari penyakit menular seksual?

Metode kontrasepsi yang dapat melindungi dari penyakit menular seksual adalah kondom. Kecuali kalau kamu ada di hubungan monogami dan sudah melakukan tes terhadap penyakit menular seksual, pakailah kondom setiap melakukan hubungan seksual sebagai tambahan dari kontrasepsi lain yang kamu gunakan.

Dalam memilih metode kontrasepsi, terdapat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, termasuk umur, kesehatan, maturitas emosional, dan hubungan seksual. Konsultasikan dengan dokter atau bidan untuk mengetahui metode kontrasepsi mana yang terbaik untuk kamu. Untuk mencari bidan terdekat, kamu bisa menggunakan fitur Cari Bidan Terdekat di aplikasi SKATA. Ayo download sekarang!



Konsultasi dengan dokter