Dalam sehari-hari tubuh kita memerlukan energi untuk dapat beraktivitas. Energi tersebut didapatkan dengan cara mengkonsumsi zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Kebutuhan zat gizi tersebut harus dipenuhi untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Lalu, apa saja sih zat gizi tersebut?

 

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi manusia dan hewan, Pada Semua jenis karbohidrat berasal dari tumbuhan dan dihasilkan melalui proses fotosintesa. Di tubuh manusia, karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi utama. Sumber utama karbohidrat antara lain adalah serealia (terdiri dari padi, gandum, dan jagung) serta olahannya (Seperti roti, tepung, mie, bihun, dsb), umbi-umbian, dan produk olahan seperti gula, selai, dan sirup. Menurut Pedoman Umum Gizi Seimbang, dalam sehari-hari 50-60% dari total energi berasal dari karbohidrat kompleks dan 5% dari total energi berasal dari gula (sekitar 3-4 sendok makan setiap hari). WNPG menyarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat sebanyak 19-30 gram setiap harinya.

 

Protein

Protein merupakan bagian terbesar penyusun tubuh setelah air. Protein berfungsi untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh, pembentukan antibodi, dan juga sumber energi. Mutu protein ditentukan berdasarkan jenis dan proporsi asam amino, yaitu protein komplit (bermutu tinggi) dan protein tidak komplit (tidak memiliki kandungan asam amino esensial yang lengkap). Protein komplit. Secara umum protein komplit dapat ditemukan pada daging, ikan, dan produknya, sementara protein tidak komplit dapat ditemukan pada biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Menurut PUGS, protein menyumbang 25% dari total energi sehari-hari.

 

Lemak

Lemak berfungsi sebagai sumber energy, memelihara suhu tubuh, dan memmberi rasa gurih pada makanan. Terdapat dua sumber lemak yaitu lemak hewani (yang berasal dari hewan) dan lemak nabati (yang berasal dari tumbuhan). Contoh lemak hewani adalah lemak hewan/gajih, mentega, krim, susu, keju, dan kuning telur, sedangkan contoh lemak nabati adalah minyak tumbuhan (kelapa, kelapa sawit, kacang tanah, kedelai, jagung, zaitu, biji bunga matahari, wijen), dan margarin. Menurut WNPG, pada orang dewasa dalam sehari-hari 25% dari total energi berasal dari lemak.