Sama seperti kita, ternyata pola makan anak bayi dan balita juga perlu diperhatikan. Pola makan yang tidak sehat tidak hanya berhubungan dengan anak yang susah makan, tapi juga pada anak yang sering makan. Pola makan yang tidak sehat ini berhubungan dengan risiko terkena penyakit kronis, sehingga pola makan yang sehat perlu diterapkan sejak dini. Jadi, bagaimana sih anjuran makan anak yang benar?

 

Umur 0-6 bulan

Bagi anak dibawah umur 6 bulan, dianjurkan untuk memberikan Air Susu Ibu (ASI) sesuai keinginan anak, paling sedikit 8 kali sehari, siang maupun malam. Anak bayi memiliki kemampuan untuk mengetahui kapan ia lapar maupun kenyang, sehingga ketika bayi merasa kenyang ia akan menolak untuk minum ASI lagi. 

Pemberian makanan atau minuman lain selain ASI juga tidak dianjurkan, karena ASI merupakan makanan terbaik untuk tumbuh kembang bayi. ASI juga meningkatkan kecerdasan mental emosional anak

 

Umur 6 sampai 8 bulan

Untuk anak dengan kategori ini, bayi juga diberikan ASI sesuai keinginan anak, paling sedikit 8 kali sehari. Selain itu, bayi sudah boleh diberikan Makanan Pendamping ASI (MP ASI) 2 kali sehari, tiap kali 2 sendok makan. Pemberian MP ASI dilakukan setelah pemberian ASI. MP ASI dapat berupa bubur tim lumat/lembik ditambah dengan bahan makanan lainnya seperti kuning telur, ayam, ikan, tempe, tahu, daging sapi, wortel, bayam, dan kacang hijau.

 

Umur 8 sampai 12 bulan

Pemberian ASI pada periode umur ini juga sesuai dengan keinginan anak. Selain itu, anak juga sudah bisa diberikan bubur dengan lauk dan sayur yang masih lunak. Makanan tersebut diberikan 3 kali sehari. Pada umur 8 bulan, setiap kali makan diberikan kurang lebih 8 sendok makan, selanjutnya sesuai dengan kemampuan anak. Berikan juga makanan selingan sebanyak 2 kali sehari di antara waktu makan. Makanan selingan dapat berupa pisang, biskuit, nagasari, dsb.

 

Umur 12 sampai 24 bulan

Pada anak dengan kategori umur ini juga dianjurkan anak masih diberikan ASI sesuai keinginannya. Berikan juga nasi yang lembik ditambah lauk dan sayuran, sebanyak 3 kali dalam sehari. Anak juga diberikan makanan selingan sebanyak 2 kali sehari di antara waktu makan.

 

Umur 2 tahun atau lebih

Anak berumur 2 tahun atau lebih sudah bisa memakan makanan yang biasa dimakan oleh keluarga sebanyak 3 kali sehari yang terdiri dari nasi, lauk pauk, sayur dan buah. Anak juga diberikan makanan selingan sebanyak 2 kali dalam sehari.

 

Nah, sudah tau kan bagaimana anjuran makan anak yang benar? yuk kita mulai menerapkannya!