Seringkali, kita baru bisa menghargai kesehatan kita justru pada saat kita sakit. Saat sakit baru lah kita merasa bahwa kesehatan itu penting untuk dijaga. Jika badan kita sehat, kita dapat melakukan aktivitas dan rutinitas sehari-hari tanpa gangguan. Sementara saat sakit, tentu pergerakan kita menjadi terbatas karena harus beristirahat.

 

Memang sih, sakit tidak bisa dihindari, namun dengan menjaga kesehatan, kita bisa meminimalisir penyakit untuk mampir tubuh kita. Kita juga harus selalu ingat, tubuh yang sehat adalah aset penting untuk masa depan. Kita tentu semua ingin tetap sehat agar bisa melihat anak-anak kita tumbuh dewasa dan membangun keluarga mereka sendiri, kan?

 

Yuk, ubah gaya hidup!

Tak ada kata terlambat untuk memulai! Kita mulai dengan cara yang sederhana dan dapat diterapkan dalam rutinitas sehari-hari.

 

1.      Naik Tangga

Kebiasaan naik-turun menggunakan tangga, bukan dengan eskalator akan lebih menyehatkan tubuh. Jika rutin dilakukan, maka berat badan bisa turun yang berdampak pada menurunnya tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol jahat dan mengurangi risiko peradangan organ dalam. Artinya, kemungkinan terkena stroke dan serangan jantung akan jauh lebih sedikit.

 

2.      Membatasi Konsumsi Gula 

Rasa manis memang bisa lebih menarik di lidah, entah itu konsumsi teh dengan gula, sirup, atau kue. Namun, sebaiknya mulai kurangi konsumsi gula. Gula dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan juga jantung. Selain itu, konsumsi gula berlebih juga menyebabkan kulit cepat keriput. Molekul berbahaya yang terkandung dalam gula putih dapat merusak kolagen, komponen penting yang menjaga kulit tetap muda dan kenyal.

 

3.      Makan Siang dengan Sayuran

Jika menu makan siang Anda lebih banyak sayuran segar dibandingkan nasi, daging atau telur, maka Anda telah mengurangi risiko terkena penyakit serius secara drastis. Orang-orang yang rajin makan sayur jarang terkena gangguan kesehatan seperti sakit jantung, diabetes atau kanker.

 

Hasil studi dari World Health Organization menemukan bahwa 63 persen kematian di dunia pada 2008 disebabkan oleh tiga penyakit yang disebutkan di atas dan itu dipicu oleh pola makan tidak sehat. Sebagai perbandingan, orang yang budaya makannya berbasis sayuran sebagai makanan utama, masyarakatnya lebih jarang sakit ketimbang merkea yang hidup di lingkungan pemakan daging atau nasi.

 

4.      Pakai Minyak Zaitun Saat Masak 

Mengganti minyak kelapa sawit dengan minyak zaitun atau biji bunga matahari akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung, menurut studi yang dilaporkan dalam British Medical Journal. Jika ingin memakan gorengan, pilihlah makanan yang dimasak dengan minyak sehat, dengan cara ditumis. Pilih tapas ala Meksiko ketimbang kentang goreng, atau tumisan sayur daripada pisang goreng.

 

 

5.      Meditasi

Meditasi dapat mengurangi tekanan darah tinggi hingga gejala stres dan depresi. Dalam sebuah studi terungkap, meditasi secara rutin selama delapan minggu, membuat seseorang akan mejadi lebih penyayang dan merasa bahagia. Fokus pada latihan pernapasan dan kesadaran diri akan melatih area otak yang mengatur emosi. Sehingga Anda akan lebih banyak memiliki pikiran dan emosi positif.