Seperti layaknya membangun sebuah hubungan antar manusia, menjalin hubungan yang positif dengan anak pun membutuhkan usaha agar terbangun hubungan yang kuat di antara orang tua dan anak.

 

Hubungan yang positif antara orang tua dan anak akan memberikan dasar untuk mereka belajar. Hubungan orang tua dan anak yang dibangun sejak dini memiliki efek yang kuat pada kesejahteraan emosional anak-anak (Dawson & Ashman, 2000). Melalui interaksi dengan orang tua, anak-anak akan terampil untuk terlibat dengan orang lain dan lebih adaptatif jika memasuki lingkungan yang berbeda (Rogoff, 2003). Anak-anak akan belajar mengelola emosi dan perilaku mereka dan membangun hubungan yang sehat dengan orang dewasa maupun teman sebaya. Ini juga akan membantu mereka mempelajari bagaimana menyesuaikan diri pada sebuah situasi baru dan menyelesaikan konflik.

 

Berikut tips menguatkan hubungan orang tua dengan anak

1. Selalu katakan “I love you!”

Setiap hari, katakan pada sang buah hati bahwa Anda menyayanginya, berapa pun usia anak Anda. Mengekspresikan perasaan sayang, merupakan cara membangun dan menguatkan kedekatan Anda dengan anak.

 

2. Ciptakan ritual menjelang tidur 

Untuk anak-anak usia balita, ritual sebelum tidur, seperti membaca buku bersama ayah dan ibu akan menjadi hal yang selalu diingat sampai mereka dewasa. Kebiasaan orang tua mengucapkan “selamat tidur” juga akan jadi ritual menyenangkan untuk anak-anak yang sudah berusia lebih besar.

 

3. Dengarkan pendapat anak

Kadang-kadang orang tua melewatkan kesempatan untuk menjalin hubungan dengan anak melalui hal sehari-hari, seperti meminta pendapat mereka saat memilih pakaian yang ingin Anda kenakan. Mendengarkan pendapat anak bisa membuat si Kecil merasa dihargai dan kelak membangun rasa percaya dirinya.

 

4. Bermain!

Lakukan permainan apa saja bersama si Kecil. Bermain harus menyenangkan, jadi pilih yang sesuai usia dan minatnya. Pastikan juga untuk  meninggalkan gadget dan hindari melakukan hal lain saat bermain dengan si Kecil sehingga Anda bisa benar-benar fokus melakukan kegiatan menyenangkan bersamanya.

 

5. Makan bersama

Miliki quality time bersama keluarga melalui ritual makan bersama. Pada kesempatan ini, setiap anggota keluarga bisa menceritakan kegiatan mereka hari itu. Jangan lupa matikan televisi dan tidak makan terburu-buru!

 

6. “Kencan” dengan si Kecil

Sekali-sekali perlu lho mengajak si Kecil “kencan” berduaan, hanya bersama ayah saja atau ibu saja. Ajak si Kecil menonton film anak-anak di bioskop, pergi ke tempat bermain favoritnya, atau sekedar makan es krim bareng. Pergi berduaan dengan anak akan memberi kesempatan ayah atau ibu untuk mengenal si Kecil lebih dekat, begitu juga sebaliknya

 

7.  Hormati pilihan mereka

Kadang sebagai orang tua, kita sulit untuk menerima pilihan anak. Apalagi kita selalu menganggap, kita lebih tahu banyak dari mereka. Utarakan pendapat dan pilihan Anda, namun sebaiknya pilihan tetap ada di tangan si Kecil dan Anda harus menghargai pilihannya. Termasuk, memilih baju yang nggak matching! Selain akan membangun rasa hormat pada Anda selaku orang tua, cara ini akan membuat si Kecil percaya diri pada pilihannya dan belajar menjalankan konsekuensi dari pilihannya itu.

 

Mari ayah dan ibu, bangun hubungan kuat yang positif dengan si Kecil sejak dini agar ia tumbuh jadi anak yang berkarakter positif!