Salah satu hal yang membuat banyak pasangan merasa ragu menggunakan alat kontrasepsi adalah khawatir akan mengalami kesulitan hamil setelah alat kontrasepsi itu dilepas. Kekhawatiran ini sering terjadi saat menghadapi alat-alat kontrasepsi seperti IUD dan implan.

 

Sebelum khawatir berlebihan, mari mengenal dua jenis alat kontrasepsi tersebut.

 

IUD

 

- Umumnya kita mengenal IUD sebagai spiral. IUD merupakan alat kecil berupa rangka plastik lentur dengan lengan tembaga dan benang yang dipasang di rahim.

- IUD dapat dikatakan sebagai alat kontrasepsi yang efektif dan aman karena digunakan dan bekerja tanpa tergantung daya ingat seperti jika menggunakan pil KB.

- Ada kekhawatiran juga seperti IUD akan mengganggu saat melakukan kegiatan bersenggama. Nyatanya, IUD tidak akan mengganggu walaupun kadang pasangan merasakan benangnya. IUD juga tidak berkarat dalam tubuh, bahkan setelah bertahun-tahun. 

- IUD dapat dicabut kapan saja dan kehamilan bisa segera terjadi setelah IUD dilepas. 

- Salah satu jenis IUD, Copper T380A dapat bekerja hingga 10 tahun. 

- Dapat digunakan oleh semua wanita, kecuali wanita hamil, memiliki siklus menstruasi yang tidak biasa, memiliki infeksi atau masalah pada organ.

- Ada efek samping, namun umumnya tidak berbahaya. Setiap orang memiliki reaksi berbeda dan tubuh juga butuh waktu untuk penyesuaian. 

 

Implan (Alat Kontrasepsi Bawah Kulit)

 

- Umumnya kita mengenal alat kontrasepsi ini sebagai susuk. Implan ini berupa 1 atau 2 kapsul kecil bersifat lentur yang diletakkan di bawah kulit lengan atas.

- Implan mengandung hormon progestin tanpa estrogen.

- Implan merupakan alat kontrasepsi yang sangat efektif hingga 2 sampai 5 tahun, tergantung jenisnya. Efektifitasnya akan berkurang setelah 2 atau 5 tahun.

- Sama halnya seperti IUD, implan mudah digunakan dan bisa dikeluarkan kapan saja. Kehamilan bisa terjadi setelah implan dicabut.

- Secara umum, implan aman bagi semua wanita, kecuali wanita yang mungkin hamil, dan wanita yang memiliki gangguan kesehatan yang serius.

- Sama halnya dengan IUD, penggunaan implan akan memberikan efek samping namun tidak berbahaya.

 

 

Setelah membaca dan mengenal lebih jauh kedua alat kontrasepsi, ternyata kekhawatiran itu hanya berdasarkan kesalahpahaman saja. Faktanya, baik IUD maupun implan sama-sama merupakan alat kontrasepsi yang efektif dan aman digunakan oleh semua wanita.

 

Sekarang pilihan ada di tangan Anda dan pasangan. Konsultasikan juga dengan ahli kesehatan untuk memilih yang terbaik dan ternyaman bagi Anda.