Pil KB merupakan salah satu alat kontrasepsi yang efektif untuk mencegah kehamilan. Efektivitas  pil KB bisa didapatkan, bila Anda mengonsumsinya secara teratur dan sesuai petunjuk. Salah satu yang kerap kali dipermasalahkan ketika seseorang memilih menggunakan kontrasepsi pil KB adalah aturan minum pil KB yang mengharuskan Anda mengonsumsinya dalam waktu yang sama setiap hari dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.Sekilas sepertinya ini bukan masalah, sampai suatu waktu Anda lupa minum pil KB tepat waktu. Apa yang harus dilakukan? Bagaimana seharusnya untuk tetap mempertahankan siklus kesuburan dan siklus hormonal Anda tetap berjalan sesuai kurun waktu yang diharapkan?

Sebagai catatan penting, sekali Anda lupa minum pil KB, Anda sebenarnya sedang membuka peluang bagi ovarium untuk menghasilkan telur yang bisa dibuahi. Jadi pada dasarnya, bahaya terbesar dari lupa minum pil KB adalah bila setelahnya Anda melakukan hubungan seksual dimana telur dapat dibuahi oleh sperma. Dikatakan pula, bahwa pil KB hanya akan bekerja efektif dengan hasil terbaik jika dikonsumsi secara teratur dengan interval atau jarak minum yang sama antara satu pil ke pil berikutnya. Masalah kehamilan akibat kelalaian dalam mengonsumsi pil bisa terjadi sekitar 1 -2 % dalam setahun.Pada dasarnya risiko kegagalan KB akibat dari ketidakteraturan Anda dalam minum pil KB bergantung pada jumlah pil yang Anda lupa minum dan kapan Anda lupa minum.

Secara umum ketika Anda lalai minum pil KB hingga lebih dari 7 hari, maka tubuh Anda kembali pada kondisi semula. Pil KB bekerja dengan mencegah ovarium melepas telur menuju rahim. Dengan kembalinya sistem pada reproduksi, maka telur yang sebelumnya tertahan akan lepas dan mencapai rahim sebagaimana mestinya. Inilah yang kemudian menyebabkan wanita yang lupa meminum rutin pil KB mereka dalam kurun waktu lebih dari 7 hari akan mudah hamil.

Jika itu yang terjadi, jangan panik. Ketahui apa yang harus dilakukan agar tidak "kebobolan". Saat kemarin Anda lupa mengonsumsi pil KB, segeralah minum begitu Anda ingat. Bila Anda baru mengingatnya dua hari kemudian, minumlah dua pil. Jika Anda lupa untuk minum pil KB selama dua hari, minumlah dua pil saat Anda mengingatnya dan 2 pil lagi keesokan harinya. Dengan demikian Anda akan kembali pada jadwal. Tetapi terkadang karena kesibukan bukan tak mungkin kita lupa minum lebih dari dua kali. Jika ini yang terjadi, tanyakan pada dokter atau bidan apa yang harus dilakukan. Biasanya mereka akan menyarankan untuk minum satu pil setiap hari hingga minggu dan mulai satu kemasan, atau membuang satu pak dan mulai lagi dengan satu pak baru. Untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, kapanpun Anda lupa minum pil, gunakan metode kontrasepsi lainnya sampai Anda menghabiskan satu pak pil. Tidak teratur minum pil KB bisa meningkatkan kemungkinan dilepaskannya sel telur dari ovarium. Namun jika Anda lupa minum 7 pil terakhir (atau 4 pil atau 4 pil plasebo atau 2 pil terakhir dari 2 pil plasebo) dalam 28 hari pak pil, risiko kehamilan tak meningkat karena pil seperti ini biasanya memiliki kandungan tak aktif. Tetapi ada juga pil yang tidak memiliki pil plasebo, karenanya Anda harus minum secara teratur. Jika haid terlambat dan Anda lupa minum satu atau lebih pil, lakukan pemeriksaan kehamilan. Cukup banyak wanita yang tidak menstruasi saat mengonsumsi pil KB dosis rendah meski secara teratur minum pil. Hal ini termasuk normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

 

 

 



Konsultasi dengan dokter