Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Sectio Caesarian (SC) sebagai salah satu prosedur melahirkan bayi. Pada tindakan SC, bayi tidak dilahirkan secara normal melewati jalur lahir melainkan melalui proses operasi. Awalnya, SC menjadi pilihan darurat ketika Ibu memiliki komplikasi atau tidak bisa melakukan persalinan secara normal. Namun, belakangan SC menjadi alternatif melahirkan untuk Ibu yang tidak ingin melakukan persalinan normal walaupun dengan kondisi tanpa komplikasi. 

Beberapa komplikasi Ibu hamil yang mengharuskan proses persalinan SC, antara lain; 

  • Persalinan normal yang tidak lancar
  • Kehamilan ganda (kembar)  
  • Memiliki riwayat gawat janin 
  • Janin berada pada posisi sungsang 
  • Janin terlalu besar
  • Adanya penyakit menular pada Ibu 
  • Tekanan darah tinggi dan penyakit gula pada Ibu 
  • Kelainan kulit ari (plasenta) 
  • Ada riwayat SC sebelumnya. 

Ketika Ibu dipastikan melakukan tindakan SC oleh dokter, ada serangkaian proses yang harus dilakukan. Anda akan diminta untuk menjalankan tes darah untuk mengecek golongan darah bilamana diperlukan transfusi. Puasa akan dilakukan dari satu hari sebelumnya, lalu Anda akan diberikan cairan infus untuk memudahkan pemberian obat. Setelahnya, Anda akan diberikan anastesi pilihan, spinal atau umum. Anastesi spinal untuk bius bagian perut ke bawah dan umum untuk Anda tertidur pulas. 

Saat operasi, Anda akan dibuka mendatar secara pelan sepanjang 10-20 cm. Lalu bayi akan dilahirkan dari celah yang sudah dibentuk, begitu pula dengan kulit ari (plasenta). Bayi  dengan operasi SC tetap bisa melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini) dengan posisi melintang di dada Ibu. Pasca operasi, Anda akan berada di rumah sakit selama beberapa hari dan diberikan anti nyeri. Biasanya satu kali 24 jam, Ibu masih dalam keadaan berbaring dan mulai belajar untuk menggerakkan badan (samping kiri, kanan, lalu duduk) di hari berikutnya. Konsumsi makanan dan minuman akan diberikan ketikan efek dari anastesi telah habis, biasanya setelah Anda dapat buang angin. 

Setiap tindakan operasi, tentu ada risikonya. Tak terkecuali dengan SC. Konsultasikan dengan dokter akan risiko yang mungkin terjadi dan cara mencegahnya agar Anda nyaman dan aman. Ingin tau informasi lebih lanjut tentang SC? Yuk, konsultasi dengan dokter di aplikasi halodoc dan temukan jawaban lengkapnya. 

 



Konsultasi dengan dokter