Ramadhan, bulan yang kerap ditunggu umat muslim di seluruh dunia. Bulan yang penuh berkah dan ampunan dengan menahan nafsu, terutama nafsu lapar dan dahaga. Walau berpuasa wajib hukumnya, namun ada pengecualian untuk para ibu hamil dan menyusui mengingat perlunya asupan untuk keduanya. 

Secara medis, berpuasa untuk Ibu hamil dan menyusui adalah hal yang diperbolehkan. Namun, ada hal yang harus diperhatikan jika Ibu memutuskan untuk berpuasa disaat hamil dan menyusui. Apa saja, sih? Yuk, cari tau!

Kesehatan Ibu dan Bayi  

Ini adalah faktor utama sebelum memutuskan untuk berpuasa saat hamil dan menyusui. Ibu dan bayi harus dalam keadaan sehat tanpa adanya komplikasi. Tetap konsultasikan ke dokter untuk mengetahui apakah ada kemungkinan faktor yang menjadi penghalang seperti anemia, diabetes atau hipertensi pada kehamilan yang bisa mengganggu kesehatan Ibu dan bayi. 

Kehamilan dan Umur Bayi 

Terkadang Ibu hamil khawatir puasa akan mempengaruhi pertumbuhan janin. Kemungkinan yang dikhawatirkan adalah janin yang tidak normal, kontraksi juga mual muntah. Namun, jika tidak ada masalah dalam kehamilan Ibu dipersilahkan untuk berpuasa sesuai kemampuan. Lain halnya dengan Ibu menyusui, terutama Ibu yang masih menyusui secara eksklusif kurang dari enam bulan. Tak ada larangan berpuasa, hanya saja rambu-rambunya lebih ketat karena produksi ASI dipengaruhi oleh konsumsi cairan Ibu. Saat bayi sudah mulai mengkonsumsi makanan pendamping, akan lebih aman untuk Ibu berpuasa. 

Nutrisi Seimbang dan Konsumsi Cairan yang Cukup 

Jika Ibu memutuskan untuk tetap berpuasa, perhatikan asupan konsumsi nutrisi yang baik dan seimbang sesuai Pedoman Gizi Seimbang. Karbohidrat sebanyak 50%, 30% protein dan 10-20% lemak. Ibu menyusui harus lebih banyak minum air putih untuk cegah dehidrasi. Konsumsi dua gelas air putih saat sahur, dua gelas saat berbuka, dua gelas saat makan malam dan dua gelas sebelum tidur. Terpenting, Ibu hamil dan menyusui harus tetap menjaga frekuensi makan. Tetaplah makan tiga kali sehari, saat sahur, berbuka dan makan malam sebelum tidur. 

Jika Ibu yakin sudah bisa memenuhi hal-hal diatas, maka tak usah ragu untuk tetap berpuasa di bulan baik ini. Tetap ingat, sesuai kemampuan ya. Selamat berpuasa! Jika Anda masih bingung dan butuh saran akurat, tanyakan saja masalah kesehatan Anda langsung dengan dokter di Halodoc! Di situ Anda dapat berkonsultasi melalui fitur "Contact Doctor" yang tersedia via Chat dan Voice/Video Call. 

 



Konsultasi dengan dokter