Masing-masing orang memiliki harapan tubuh ideal. Ada yang ingin memiliki tubuh tinggi semampai, langsing bak model panggung busana. Tapi ada juga lho yang menginginkan tubuh sedikit berisi supaya terlihat lebih seksi. Semua tak ada salahnya. Namun sayang, tidak semua orang bisa mencapai tubuh ideal harapannya. Kenapa demikian? 

Bentuk tubuh manusia tercipta berbeda-beda. Di tahun 1940-an, seorang Psikolog asal Amerika William Herbert Sheldon, PhD mengkategorikan bentuk fisik manusia yang disebutnya somatotypes. Sheldon menamakan jenis-jenis bentuk tubuh menjadi beberapa lapisan yang tumbuh dalam perkembangan embrio. Endoderma yang berkembang menjadi saluran pencernaan. Mesoderma yang berkembang menjadi otot, jantung dan pembuluh darah. Ektoderma yang embentuk kulit dan system saraf. Dari ketiga lapisan ini, Ia kemudian membagi bentuk tubuh manusia ke dalam tiga kategori yaitu;

Ektomorf 

Tipe ini memiliki tampilan lebih kurus dengan bentuk yang lurus. Orang dengan tipe tubuh ini memiliki ciri khas tinggi, leher ramping dan panjang. Pergelangan kaki dan tangan kecil dan sulit mengembangkan otot-otot kuat. Tipe ektomorf bisa dengan mudah menurunkan berat badan dan cenderung memiliki kadar lemak tubuh yang rendah. Karena metabolisme tubuhnya cepat, orang dengan tipe tubuh ini lebih sulit jika ingin berusaha menaikkan berat badan. 

Mesomorf

Digambarkan sebagai bentuk tubuh yang atletik dan indah. Itulah Mesomorf. Biasanya tipe ini memiliki bentuk tubuh seperti jam pasir dan memiliki otot tubuh yang besar. Hampir sebagian besar tipe mesomorf memiliki pundak atau bahu yang lebar serta pinggang yang sempit.Ia pun tidak memiliki kesulitan dalam membakar lemak karena asupan lemak yang bisa tersimpan di tubuh ini tidak terlampau banyak. 

Endomorf

Jika Anda bertubuh agak besar dibanding yang lain, jangan kecil hati. Mungkin Anda adalah tipe endomorf. Tipe ini memiliki muka yang bulat dengan paha dan pinggul yang lebih besar. Tubuh terlihat seperti buah pir dengan tangan kaki yang cenderung lebih pendek dan terkesan gemuk. Lemak tubuh didalam tipe tubuh ini memang lebih tinggi, namun tubuhnya mudah untuk dibentuk menjadi otot. Metabolisme endomorf cenderung lebih lambat sehingga cukup sulit untuk menurunkan berat badan. 

Apapun jenis tubuh Anda, bisa tetap Anda rawat secara maksimal dengan pola makan sehat dan olahraga teratur. Bukan mustahil Anda bisa mencapai tubuh ideal dengan tipe tubuh yang Anda miliki. Namun, jangan juga berkecil hati jika Anda sudah berusaha maksimal namun Anda tetap pada tipe tubuh yang dimiliki. Semua bentuk tubuh itu indah, dan Anda patut bersyukur karenanya. Selalu ada hal unik dalam tubuh, yang bisa Anda tonjolkan alih-alih berharap membentuk tubuh ideal harapan. Selalu cintai diri apa adanya, karena disitulah letak kelebihan Anda! 

 



Konsultasi dengan dokter