Saat Anda dan pasangan merencanakan memiliki momongan, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Paling utama, Anda dan pasangan harus menerapkan perubahan gaya hidup untuk meningkatkan kesehatan sebagai bagian persiapan diri menjadi orangtua. 

Pola makan yang sehat memang kunci. Tapi tahukah Anda bahwa pria dan wanita memiliki cara tersendiri untuk meningkatkan peluang kesuburannya? 

Cara meningkatkan kesuburan wanita 

Bagi wanita, selain gaya hidup sehat dengan olahraga teratur asupan tubuh sangat berpengaruh terhadap peluang kesuburan. Anda mungkin sudah melakukan pola hidup sehat dengan asupan yang bergizi, namun ada baiknya mengenal beberapa jenis makanan yang spesifik meningkatkan kesuburan. Ini 8 diantaranya:

  • Susu, yaurt, keju dan es krim 
  • Karbohidrat kompleks seperti biji-bijian 
  • Buah dan sayuran segar berwarna cerah 
  • Daging ayam 
  • Kacang-kacangan dan bijian 
  • Sayuran berdaun hijau 
  • Telur 
  • Minyak zaitun 

Bagaimana dengan pria?

Tak hanya wanita, pria juga harus memperhatikan kesehatan, terutama kesehatan reproduksi untuk menghasilkan sperma yang berkualitas. Ashok Agarwal, Ph.D., Kepala Departemen Kesehatan Reproduksi di Cleveland Clinic menjelaskan bahwa perubahan gaya hidup bisa meningkatkan peluang seorang pria untuk memiliki anak. Sehatkan sperma dengan cara berikut:

Konsumsi makanan anti oksidan

Pria yang mengonsumsi rutin buah dan sayur kaya akan antioksidan memiliki sperma yang sehat dibanding mereka yang makan daging dan olahan susu berlemak. 

Rajin olahraga 

Tahukah Anda kalau dalam satu kali ejakulasi, pria mengeluarkan 15-150 juta sperma? Dengan rajin berolahraga, pria memiliki kesempatan 33% lebih tinggi dalam mengeluarkan jumlah sperma. Kenapa? Karena olahraga membantu pembakaran lemak dan meningkatkan hormone testoteron. Tapi ingat, olahraga rutin bukan yang terlalu ekstrim, ya. 

Batasi penggunaan ponsel 

Menurut sebuah penelitian di Cleveland Clinic, pria yang menggunakan smartphone terlalu lama bisa menurunkan keaktifan dan kecepatan sperma, ini dikarenakan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan olehnya. 

Hindari pelumas buatan 

Berhat-hati dalam memilih pelumas karena kandungan kimianya bisa meracuni sperma, sementara sperma perlu tetap hidup untuk dapat menuju pembuahan. Bahkan beberapa merk pelumas bisa mengurangi kualitas sperma hingga 72%! 

Nah, sudah tau kan rahasia dibalik peluang subur pria dan wanita. Yuk, ajak pasangan untuk memulai melakukannya sekarang. Selamat mencoba! 

 



Konsultasi dengan dokter