Saat Anda berencana memiliki keturunan, kesehatan reproduksi menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Banyak yang mengira, ketika melakukan program hamil kesehatan produksi wanita yang harus diutamakan. Padahal, pria juga justru menjadi sasaran utama untuk memberikan sperma yang berkualitas.

Apa saja langkah yang harus Anda lakukan untuk mendapat peluang hamil yang besar?

Pertama, tentu periksakan kondisi Anda dan pasangan ke dokter. Ia akan memeriksa kondisi tubuh dan melacak masa subur. Anda dan pasangan juga akan diminta melakukan serangkaian tes darah untuk memastikan kondisi dalam keadaan sehat dan siap. 

Lalu, catat masa subur Anda. Kenapa ini penting? Karena Anda perlu mengetahui kapan telur dilepaskan dalam tubuh wanita. Pelepasan telur normalnya terjadi satu kali dalam satu bulan dan masa subur anda hanya terjadi selama kurun waktu beberapa hari saja. Jadi, pasca haid jangan lepaskan kesempatan ini. Diskusikan juga dengan dokter kapan waktu subur terbaik Anda. 

Satu hal yang paling utama, sperma pria dapat membuahi telur wanita dengan baik saat berada dalam kualitas yang sehat, kuat dan jumlah yang banyak. 

Bagaimana caranya? 

  • Kurangi konsumsi alkohol karena terdapat zat yang dapat menurunkan kadar testoteron dan jumlah sperma serta meningkatkan jumlah sperma yang abnormal. 
  • Stop merokok! Rokok bisa menurunkan kinerja sperma. 
  • Olahraga yang cukup untuk pertahankan berat badan normal karena obesitas dapat menurunkan jumlah dan memperlambat gerak sperma. 
  • Cukupi kebutuhan nutrisi seperti vitamin C, vitamin D, seng, asam folat dan kalsium untuk membentuk sperma yang sehat. 
  • Jangan berendam di air panas karena suhu panas bisa membunuh sperma. Testis dapat berfungsi dengan baik pada suhu 34,4 – 35,6’C dibawah suhu normal. 

Setelah memperhatikan hal tersebut diatas, jangan juga lupa bahwa pikiran bisa mempengaruhi kinerja organ reproduksi. Karenanya, hindari stress dan coba sesering mungkin relaksasi. Olahraga teratur juga penting untuk memperlancar metabolisme tubuh sehingga aliran darah menjadi lancar sehingga kinerja organ reproduksi bisa berfungsi maksimal. 

 



Konsultasi dengan dokter