Tahukah Anda untuk menjadikan keluarga yang berkuailtas, perencanaan itu sangat penting? Saat Anda dan pasangan memutuskan untuk hidup bersama, disinilah waktu yang paling tepat untuk melakukan rencana ke depan. Mulai dari finansial, hingga urusan anak. Banyak keluarga yang tidak memiliki perencanaan di awal, sehingga di tengah jalan timbul berbagai masalah yang seharusnya bisa diantisipasi. Tentu, Anda tidak ingin menjadi salah satunya kan? 

Diantara perencanaan keluarga, satu yang paling penting adalah merencanakan memberi jarak pada anak. Kenapa? Karena anak membutuhkan waktu berkualitas untuk menyusu secara penuh selama dua tahun dari Ibu. Dilain itu, mengatur jarak anak juga bisa meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak karena orangtua memiliki waktu untuk memberi perhatian terhadap tumbuh kembang anak. Ada dua manfaat penting keluarga berencana, baik dari segi kesehatan maupun sosio ekonomi. 

Manfaat Kesehatan Keluarga Berencana 

  • Mencegah risiko sakit dan kematian Ibu dan anak. 
  • Memungkinkan menyusui eksklusif pada bayi.
  • Membebaskan wanita dari rasa khawatir terhadap kehamilan yang tidak direncanakan. 

Manfaat Sosio Ekonomi Keluarga Berencana

  • Menciptakan keluarga sejahtera.
  • Waktu yang lebih banyak untuk memperhatikan tumbuh kembang dan pendidikan anak yang berkualitas.
  • Memberikan kesempatan perempuan untuk berperan di bidang sosial dan ekonomi.
  • Memudahkan perencanaan keuangan dan menghemat pengeluaran keluarga. 

Bagaimana caranya? 

Gunakan kontrasepsi yang tepat. Berbagai pilihan kontrasepsi hadir untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda di tiap keluarga. Apa saja, sih tahapan yang harus dilakukan untuk memulai keluarga berencana? 

  1. Membuat perencanaan jumlah anak dan jarak yang diinginkan.
  2. Datang ke Dokter atau tenaga medis lain untuk mencari informasi yang lengkap seputar kontrasepsi.
  3. Untuk Anda yang sudah memiliki anak dan ingin memberikan jarak pada kehamilan berikutnya, bisa memilih kontrasepsi jangka pendek.
  4. Kontrasepsi jangka panjang bisa digunakan untuk Anda yang sudah memiliki lebih dari dua anak dan tidak ingin menambah anak dalam waktu dekat atau bahkan menghentikan kehamilan. 

Apapun pilihan Anda, jangan takut untuk bertanya dampak positif dan negatif dari setiap pilihan. Cari informasi sedetil mungkin, dan di tempat yang mengerti betul akan pilihan dan efek dari tiap kontrasepsi. Untuk informasi Anda tentang pilihan kontrasepsi, bisa mengunduh panduan kontrasepsi lengkapnya, di sini http://skata.info/e-book  

 

 



Konsultasi dengan dokter