Awal tahun, awal yang baru terbentang luas untuk segala harapan dan kemungkinan. Biasanya, diawali dengan resolusi. Beragam rangkaian resolusi mulai terfikir, mulai dari diet, rencana hidup sehat dengan olahraga, makin giat urusan pekerjaan, sampai hal hal kecil yang (mungkin) masih belum terlaksana dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2019, harus jadi tahun yang baru. Tunjukkan komitmen Anda untuk menjadi lebih baik (jiwa dan raga) dengan tips resolusi berikut!

Buat hidup lebih berarti dengan menjadi sukarelawan. 

Ya, menjadi sukarelawan setidaknya dua jam dalam seminggu terbukti bisa meningkatkan kebahagiaan dan menyehatkan, lho. Menurut sebuah studi di Social Science and Medicine yang dilansir portal media Mental Floss, menjadi sukarelawan bisa meningkatkan empati, meraih aspirasi yang bisa memicu kebahagiaan serta memicu hormon endorphin yang menyehatkan tubuh. 

Ingin langsing? Stop fokus pada berat badan

Sandra Aamodt, penulis buku Why Diets Make Us Fat mengatakan bahwa fokus pada berat badan justru membuat Anda stres dan malah meningkatkan nafsu makan. Olahraga ringan tapi konsisten, pilih makanan sehat dan nikmati tiap gigitannya, serta fokus pada apa yang tubuh butuhkan bukan inginkan akan membuat Anda lebih mudah melakukan penurunan berat badan. 

Menjadi disiplin dengan menekan tombol aktif! 

Diam saja tidak akan membuat hidup Anda lebih baik. Ayo lebih aktif dalam segala hal. Penulis buku The Happiness Advantage, Shawn Anchor, menemukan bahwa 20 detik jeda saat kita sudah ingin memulai sesuatu cukup untuk membuat orang tidak jadi melakukannya. Jadi, jika Anda memiliki niat untuk menjadi lebih aktif, lakukan segera! Karena hanya hitungan detik, segala kemungkinan baik akan hilang begitu saja. 

Tambah waktu istirahat, untuk lebih produktif

Anda tak salah baca, jika ingin lebih produktif hal yang terbaik adalah menambah jam istirahat. Do less to do more. Sebuah studi di Journal of Applied Psychology menemukan bahwa istirahat sejenak ditengah melakukkan pekerjaan sangat efektif untuk menyegarkan para karyawan. Bekerja berlebih akan berujung pada kelelahan dan meningkatkan hormon stres yang malah berakhir dengan burn out dan akhirnya menyerah. 

Travel more!

Betul, penelitian membuktikan bahwa orang lebih bahagia ketika mengeluarkan uang untuk sebuah pengalaman dibanding materi. Kebanyakan orang menyesal di ujung hidupnya karena melewatkan sesuatu yang mereka harap bisa lakukan di waktu terdahulu. Ketika bepergian, Anda memiliki memori yang bisa Anda hargai dan bagikan di kemudian hari. Jadi, siapkan tabungan, dan mulai rencanakan liburan yang tak terlupakan! 

 

 

 



Konsultasi dengan dokter