Apakah anda tahu penyakit yang sering menyerang pria? Perlu Anda ketahui organ tubuh pria dan wanita berbeda, terutama organ yang mengatur hormon dalam tubuh (yang kita kenal sebagai testosteron pada pria dan estrogen serta progesteron pada wanita) dan adanya organ prostat yang hanya ada pada pria. Selain itu, ada juga faktor lain seperti gaya hidup yang dapat memicu beberapa jenis penyakit lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita. Berikut penyakit-penyakit yang sering menyerang pria:

Obesitas Sentral

Mungkin memang wanita yang lebih sering mengeluh soal perut yang membuncit sedikit saja. Tapi nyatanya perut buncit itu lebih dekat dengan para pria, yang notabene merasa baik-baik saja dengan perut buncitnya. Kondisi itu berhubungan dengan tidak adanya ovarium di tubuh para laki-laki. Kalau pada perempuan, kelebihan lemak akan menumpuk di sekitar ovarium, yakni paha maupun bokong. Lain halnya dengan pria, rongga bawah perut mereka sudah penuh dan tidak punya ruang di sekitar ovarium. Perut lah yang kemudian menjadi wadah kelebihan lemak tersebut. Maka jangan heran kalau para pria yang sudah berusia 30 tahun ke atas umumnya lebih mudah mengalami perut buncit. Walau begitu, faktor gaya hidup masih memegang peranan penting yang menyebabkan perut buncit pada pria.

Penyakit Jantung

Penyakit jantung dapat muncul dalam berbagai variasi dan dapat menimbulkan komplikasi fatal apabila tidak terdeteksi. Berdasarkan AHA, 1 dari 3 pria memiliki penyakit jantung. Banyak pria meninggal karena penyakit jantung dibanding wanita. Faktor risiko yang memicu penyakit jantung meliputi usia, riwayat keluarga dan ras, merokok, kolesterol darah tinggi, tekanan darah tinggi, kurang olahraga, obesitas (kegemukan) dan diabetes. Meskipun Anda tidak bisa mengendalikan usia, riwayat keluarga dan ras, Anda pasti dapat mengambil langkah-langkah untuk mengubah gaya hidup, sehingga harus belajar untuk makan dengan benar dan olahraga teratur untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker yang khas pada pria seperti halnya kanker serviks pada wanita. Fungsi prostat pada proses ekskresi laki-laki berhubungan dengan proses buang air kecil. Gangguan prostat yang paling dikenal adalah Benign Prostatic Hyperplasia (BPH), yang menjadi salah satu faktor risiko munculnya kanker prostat. 

Kanker Paru dan Penyakit Paru Lainnya

Banyak penyakit paru yang awalnya berasal dari batuk biasa yang diakibatkan paparan asap rokok. Dengan berjalannya waktu, hal ini dapat menimbulkan kondisi yang fatal seperti kanker paru, penyakit paru obstruktif kronik, atau emfisema. Kanker paru merupakan gangguan kesehatan yang banyak dihadapi pria, kenapa? Karena faktanya menurut sumber yang dilansir dokter.id, jumlah pria yang merokok lebih besar dari wanita. Bukan hanya perokok aktif yang bisa terjangkit penyakit ini, tapi juga para perokok pasif!

Apa yang bisa mencegah semua penyakit ini? Tentu pola hidup yang sehat. Mulai dari asupan yang bergizi, olahraga teratur dan menghindari paparan zat yang tidak baik untuk tubuh, seperti rokok dan alkohol. Yuk, cegah penyakit mulai dari sekarang! 

 



Konsultasi dengan dokter