Tak sedikit orangtua bingung jika ditanya perihal pengenalan organ intim pada anak. Ya, bagi sebagian orangtua hal ini mungkin terasa tabu, terlebih pengenalan organ intim tentu akan mengarah pada pendidikan seksual.

Hal ini mungkin terjadi karena kebanyakan orangtua mengira bahwa seorang anak tidak perlu mengetahui jenis pengetahuan ini sampai mereka dewasa atau mereka tak tau bagaimana cara yang tepat untuk mengajarkannya.

Padahal, pengenalan organ intim pada anak sangat penting sebagai bekal kemandirian ketika mereka tumbuh dewasa. Mereka perlu mengenal tentang organ seksual tubuh dan fungsinya agar mereka paham akan seksualitas diri dan alat reproduksi sehingga mereka mampu menghadapi lingkungan dan masyarakat.

Dr. Engelberta, Sp.KJ membeberkan beberapa pertanyaan yang sering muncul dari orangtua perihal pendidikan seksual dan bagaimana cara mengedukasinya. Yuk, cari tau! 

 

Kapan, sih saat yang tepat mengenalkan dan menjelaskan fungsi dari organ intim kepada anak?

Saat yang tepat untuk mengenalkan anak-anak tentang organ intim dan fungsinya bisa dimulai saat anak memasuki sekolah taman bermain atau taman kanak-kanak. Kenapa? Karena di waktu itulah anak mulai mengenal perbedaan gender antara laki-laki dan perempuan.

Orangtua bisa mulai menjelaskan pada anak bahwa laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan kelamin yang sifatnya personal. Oleh karenanya, organ intim tak boleh saling bersentuhan ketika bermain bersama. Tak hanya itu, anak juga tidak boleh menyentuh organ intim atau alat kelamin lawan jenisnya. 

 

Ketika mengenalkan organ intim kepada anak, boleh tidak, sih memberikan nama samaran?

Ketika usia anak masih terlalu kecil, kita boleh memberikan nama samaran pada organ intim. Hal ini ditujukan agar anak tidak bingung dengan penggunaan nama medis alat kelamin yang sebenarnya seperti vagina dan penis. Jika anak dianggap sudah mulai mengerti, atau beranjak dewasa maka penggunan nama medis atau istilah sebenarnya pada organ intim sangat dianjurkan. 

 

Bagaimana memulai mengenalkan organ intim kepada anak?

Orangtua memiliki peranan penting dalam mengenalkan organ intim pertama kali pada anak. Caranya, dengan memperlihatkan gambar alat kelamin laki-laki dan perempuan dalam buku edukasi atau melalui media internet. Dengan begitu, anak memiliki gambaran lebih jelas tentang perbedaan organ intim. 

 

Nah, tak sulit kan ternyata mengenalkan organ intim pada anak? Yuk, dimulai sejak dini agar anak teredukasi dan terhindar dari bahaya yang akan muncul ketika mereka beranjak dewasa.