Setiap orang mempunyai variasi tinggi badan yang berbeda beda. Banyak faktor yang mempunyai efek pada pertumbuhan dan tinggi badan seseorang. Namun dua faktor yang paling berpengaruh adalah faktor keturunan alias faktor genetika dan faktor nutrisi yang dipengaruhi oleh asupan makanan seorang individu.

Menurut artikel dari Scientific American (“How much of human height is genetic and how much is due to nutrition?”) yang ditulis oleh Chao-Qing Lai, faktor genetik yang mempengaruhi tinggi badan adalah hereditabilitas.

Hereditabilitas merupakan tingkat kemampuan genetik untuk menurunkan fenotipe atau ciri gen yaitu tinggi badan. Hal ini menunjukkan tinggi badan sebagian dipengaruhi oleh genetik.

Tinggi badan dari manusia secara genetik tidak dipengaruhi oleh satu gen tertentu,namun merupakan ekspresi genetik yang disebabkan oleh berbagai macam gen yang ada dalam susunan tubuh manusia.

Maka dari itu modifikasi dari hanya satu jenis gen tidak menentukan secara absolut tinggi badan seseorang. Namun hal yang paling berpengaruh dalam menentukan tinggi badan seseorang adalah faktor lingkungan.

Faktor lingkungan adalah berbagai jenis variable yang ada di lingkungan seseorang yang dapat mempengaruhi suatu hasil atau kesehatan seorang individu. Faktor lingkungan mencakupi nutrisi, akses pada layanan kesehatan, cuaca dan sebagainya.

Tinggi badan seseorang paling dipengaruhi oleh faktor lingkungannya. Maka dari itu menyediakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan anak merupakan hal paling penting agar anak anda dapat bertumbuh ke tinggi badan yang optimal.

Hal yang sering dipertanyakan oleh para orangtua mengenai anak mereka adalah,”Apakah anak saya dapat bertumbuh menjadi tinggi walaupun kami(orang tua) tidak tinggi?”. Jawaban dari pertanyaan ini adalah ya dan tidak.

Memang betul anak anda dapat menjadi lebih tinggi dari anda, dengan syarat perubahan faktor lingkungan seperti nutrisi dan kesehatan diberikan secara optimal bagi anak anda.

Pertanyaan ini juga dapat dijawab tidak,karena faktor genetik yang menentukan tinggi badan maksimum. Maka dari itu tinggi badan anak sesungguhnya tidak dapat diprediksi secara definitif, namun yang bisa diubah adalah faktor lingkungan bagi anak anda.

Faktor lingkungan faktor yang dapat dimodifikasi agar anak-anak dapat mencapai tinggi badan yang sesuai dengan potensi genetik mereka. Faktor lingkungan yang paling sering dibahas adalah nutrisi. 

 

Nutrisi Yang Ideal

Nutrisi merupakan hal yang penting dibahas diantara faktor lingkungan yang memberikan tinggi badan optimal pada anak.

Namun apa syarat nutrisi yang perlu dipenuhi agar anak- anak dapat bertumbuh secara optimal dan mencapai tinggi badan yang maksimal? 

Menurut WHO asupan nutrisi yang ideal bagi pertumbuhan anak adalah makanan yang bervariasi yaitu terdiri dari sumber protein nabati, produk susu seperti keju dan yogurt, kacang kacangan, buah, sayur dan lemak.

Konsumsi dari lemak merupakan hal yang penting karena dapat meningkatkan absorpsi dari dari vitamin yang larut dalam lemak. Untuk mengetahui pertumbuhan tepat bagi anak anda adalah dengan mengunakan grafik BB/TB oleh CDC. 

 

Suplemen dan Vitamin Peninggi Badan

Hal lain yang sering dipertanyakan adalah pengunaan suplemen vitamin pada anak-anak. Secara garis besar, anak-anak dengan diet yang bervariasi dan mencukupi tidak memerlukan supplementasi vitamin.

Suplementasi Vitamin pada anak dengan diet yang cukup tidak meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan. Melainkan munculnya efek samping yang merugikan seperti muntah dan diare.

Tinggi badan anak merupakan topik yang sering dibahas oleh orang tua. Metode dan mekanisme perlu dibahas mengenai cara seseorang bisa tumbuh tinggi dan optimal.

Dua faktor perlu dipertimbangkan dalam pertumbuhan tinggi badan yaitu faktor genetik dan lingkungan. Faktor genetik menentukan potensi yang dapat dicapai dan faktor lingkungan yang menentukan pencapaian potensi tersebut.

Faktor lingkungan yang paling umum dimodifikasi adalah nutrisi. Nutrisi yang paling penting adalah diet yang bervariasi dan memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi anak.

Banyak orang tua khawatir dan merasa pertumbuhan anaknya tidak sepenuhnya dicukupi dengan makanan saja namun memerlukan vitamin. Namun hal ini tidak sesuai karena vitamin tidak dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan hanya menyebabkan efek samping.