Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti oleh umat muslim. Saat itu dianggap sebagai bulan yang penuh berkah dan rahmah. 

 

Namun banyak orang menjadiakn bulan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Sebenarnya kebiasan tersebut keliru. 

 

Terlalu bermalas-malasan justru membuat tubuh menjadi lesu dan tidak bersemangat. Meski memiliki berbagai keterbatasan selama berpuasa, bukan berarti aktivitas kita hanya diisi dengan tidur dan bermalas malasan saja, tetapi justru agar tetap bugar olahraga juga harus kita lakukan sebab hal ini akan menambah kebugaran, mempertahankan daya tahan tubuh serta manfaat lainnya. 

 

Prinsip olahraga yang dilakukan pada saat berpuasa adalah pemeliharaan tubuh agar tetap sehat dan bugar. 

 

Artinya, harus mampu melancarkan aliran darah dan melenturkan otot- otot, jantung lebih aktif, dan zat asam atau oksigen lebih banyak terhirup sebagai proses metabolism tubuh. Oleh karena itu berikut jenis jenis olahraga yang tepat dilakukan pada saat puasa :

 

 

1. Jogging

 

Jogging atau lari kecil dan ringan menjadi olahraga pilihan dan disukai banyak orang. Tidak memerlukan biaya banyak, dan anda bisa melakukan olahraga jogging setiap saat kapanpun anda ingnkan, supaya badan tetap sehat. 

 

Anda bisa melakukan jogging sebelum berbukan pukul 16.30 hingga 17.00, kira kira sekitar 15-20 menit untuk membantu mengeluarkan keringat dan membugarkan kembali tubuh anda.

 

 

2. Bersepeda

 

Melakukan aktifitas olahraga bersepeda akan membuat tubuh dan pikiran menjadi sehat. Berolahraga sepeda bisa dilakukan sembari menunggu berbuka ataupun pada pagi hari setelah sholat subuh. 

 

Pemilihan waktu setelah shubu ini, supaya tubuh anda dapat menjumpai udarah yang sejuk, segar dan bersih. Sementara jik anda memilih bersepeda menjelang buka, anda juga bisa mendapatkan udara yang sejuk sembari menunggu waktu berbuka.

 

 

3. Jalan Santai

 

Pada saat puasa hindari olahraga berat yang bisa membuat kita cepat berkeringat, jalan santai juga merupakan salah satu pilihan olahraga yang tepat. Selain menjaga kesehatan tubuh, juga dapat menjaga kesehatan jantung dan juga menjada stamina dan kebugaran tubuh. 

 

Biasanya olahraga ini lah yang sering menjadi pilihan bagi orang orang yang berpuasa karena tidak terlalu melelahkan namun juga tetap menjaga kebugaran tubuh. Waktu yang tepat untuk jalan santai adalah sore hari menjelang buka puasa dan pagi hari setelah sholat subuh.

 

Ketiga olahraga ini dapat menjadi pilihan olahraga anda pada saat sedang berpuasa. 

 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya banyak sekali manfaat yang didapatkan melalui olahraga yang dilakukan pada saat bulan puasa ini. Manfaat yang bisa kita dapatkan diantaranya :

 

  1. Detoksifikasi Tubuh Tetap Lancar
  2. Mempertahankan Massa otot
  3. Menjada kebugaran tubuh
  4. Menurunkan berat badan

 

Jangan malas berolahraga ya, lakukan aktivitas diatas untukmu menjaga kesehatan tubuh.