Di dalam keluarga biasanya selalu ada saja pengeluaran “emergency” yang harus keluar tiap bulannya. Terkadang hal-hal ini mengganggu kestabilan keuangan keluarga. Bukan hanya bisa membuat porsi tabungan menjadi bocor, tidak jarang jatah gaji bulan depan pun sudah terpakai di bulan ini.

 

Nah jika ini yang terjadi, perlu ada pemasukan tambahan untuk membantu-bantu kebutuhan mendadak itu. Berikut ini adalah tujuh pekerjaan sampingan yang jika ditekuni bisa memulihkan saldo keuangan keluarga dan membantu-bantu sumber pemasukan utama.  

 

Jika Anda sudah mencobanya beri komentar di kotak comment di bawah ya.. atau bisa juga share ide pekerjaan sampingan andalan Anda yang lain di sini.

 

Menjadi online reseller

Salah satu pilihan yang paling mudah adalah dengan menjadi online reseller. Saat ini banyak produk yang membutuhkan orang untuk membantu menjualkan produk mereka. 

 

Sebagai imbalannya, kita akan mendapatkan keuntungan sekian persen untuk setiap produk yang terjual. Modalnya? Hanya memiliki akun media sosial untuk berjualan. Aktivitas di rumah pun tetap bisa berjalan sembari kita berjualan. Keuntungannya memang tidak terlalu besar, tetapi siapa tahu di kemudian hari bisa sangat menghasilkan jika kita konsisten menekuninya. 

 

 

Menjual homemade cooking

Kemampuan di bidang kuliner juga dapat dimanfaatkan untuk mendapat penghasilan tambahan.  Jika anda mempunyai menu andalan tetapi tidak percaya diri mampu membuatnya dalam jumlah banyak, bisnis ini pun masih bisa berjalan. 

 

Dengan sistem pre order (PO) atau memesan terlebih dahulu, anda bisa menyesuaikan sebanyak apa pesanan yang mampu anda terima. Untuk bisnis jenis ini, anda membutuhkan modal untuk membeli bahan makanan. 

 

Beberapa contoh makanan rumahan yang bisa dibuat bento untuk bekal sekolah, kue kering, macaroni schotel, dan sambal dalam toples. Homemade cooking ini sedang diminati karena biasanya berupa menu sehat dan tanpa pengawet.

 

 

Membuat craft

Bagi yang memiliki bakat artistik, banyak pernak-pernik yang bisa dibuat yang memiliki nilai jual. Aksesoris, kerajinan berbahan dasar flanel, busy book adalah beberapa contohnya. 

 

Barang bekas seperti botol, kain perca, dan kardus pun bisa dihias kembali menggunakan teknik deco.  Jika bakat seni anda didukung oleh kemampuan mengoperasikan software desain, anda bisa membuat hampers untuk ulang tahun anak, mencetak  gambar-gambar lucu di atas kaos atau bantal, atau membuat babybook.

 

 

Membuka jastip (jasa titip)

Membeli barang menggunakan jastip sekarang sedang diminati. Terbatasnya peredaran barang hanya di kota-kota besar membuat jastip tumbuh subur. 

 

Siapapun dapat membeli barang tanpa harus berkunjung ke toko yang dimaksud hanya dengan menambah biaya jastip minimal Rp 10.000 per barang. Jika anda hobi belaja tetapi budget terbatas, anda bisa membuka jasa titip beli barang. 

 

Anda hanya perlu memiliki akun media sosial yang diperlukan untuk live shopping. Agar tidak rugi, pertimbangkan biaya transportasi ke lokasi, buat rules yang jelas untuk semua calon pembeli (misal no cancellation), pengetahuan tentang jasa ekspedisi dan kota jangkauannya, dan jaringan internet yang memadai saat belanja.

 

 

Mengadakan garage sale

Barang-barang yang menumpuk di lemari atau di gudang, sayang jika tidak dimanfaatkan. Apabila anda masih merasa barang tersebut memiliki nilai jual, anda bisa menjualnya kembali. 

 

Adakan garage sale bersama beberapa teman atau saudara agar barang yang terkumpul cukup banyak. Pilih lokasi yang dikunjungi banyak orang seperti pasar tiban minggu pagi/car free day dan bazaar.

 

 

Menjadi EO untuk playdate

Playdate atau berkumpul bersama teman dengan mengajak serta anak-anak bisa dijadikan acara yang menghasilkan. Bentuk tim kecil bersama teman, bagi tugas, rancang sebuah acara berdurasi satu jam, sediakan alat-alat permainan dan kreativitas anak, dan makanan ringan. 

 

Publikasikan acara di media sosial atau grup Whatsapp, kenakan “tiket masuk” untuk setiap anak yang menjadi peserta. Jika peminat memenuhi kuota dan acara berlangsung memuaskan, event ini bisa dilaksanakan sebulan sekali. 

 

Cukup menarik bukan? Pilih tips yang sekiranya anda memiliki passion didalamnya dan tidak mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Meskipun hanya kegiatan sampingan, anda tetap harus mengatur waktu dengan baik supaya bisnis berjalan lancar dan menghasilkan. Selamat mencoba!